Token Crypto Selebriti Akan “Pasti” Menarik Perhatian SEC, Kata Pengacara, Benarkah?

Updated
July 10, 2024
Gambar Token Crypto Selebriti Akan “Pasti” Menarik Perhatian SEC, Kata Pengacara, Benarkah?

Jakarta, Pintu News – Para selebriti yang baru-baru ini membuat dan mempromosikan memecoin di Solana mungkin melanggar undang-undang sekuritas dan “pasti akan menarik perhatian” regulator sekuritas Amerika Serikat, menurut para pengacara. Tokoh publik di AS, termasuk Caitlyn Jenner, Iggy Azalea (nama asli Amethyst Kelly), Jason Derulo (nama asli Jason Desrouleaux), dan banyak lainnya, telah meluncurkan dan mempromosikan token crypto menggunakan nama mereka sejak akhir Mei.

David Chung, direktur pendiri Creo Legal, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa Jenner, yang pertama kali mendapat perhatian untuk tokennya, sedang “melukis target di punggungnya.” SEC dapat mengejar dia karena menjual sekuritas yang tidak terdaftar tanpa lisensi yang sesuai.

Risiko Hukum bagi Selebriti

Liam Hennessy, mitra di firma hukum Clyde & Co, setuju dan mengatakan bahwa selebriti “memiliki catatan buruk dalam bull run terakhir karena secara ilegal mempromosikan crypto tanpa mengungkapkan komisi.” Hennessy mencatat bahwa SEC telah mengklaim “hampir semua token crypto adalah sekuritas,” dan jika token selebriti ini dianggap sebagai sekuritas, penerbit harus terdaftar dengan SEC.

Jika tidak, ada denda dan hukuman yang signifikan untuk aktivitas tanpa lisensi. Selebriti mungkin bukan penerbit token, yang secara teoritis bisa menjauhkan mereka dari perhatian utama SEC. Namun, jika ada bukti bahwa selebriti bekerja sama dengan pihak tertentu untuk mengatur token mereka, ini tidak akan memberikan perlindungan hukum.

Baca Juga: Notcoin Meroket di Tengah Pemulihan Pasar Crypto: Peluang Besar atau Gelembung?

Pengaruh dan Dampak di Pasar

Token-token tersebut semuanya diluncurkan di platform penciptaan memecoin berbasis Solana, pump.fun. Jenner dan Derulo mengklaim bahwa Sahil Arora, yang dikenal sebagai promotor memecoin selebriti, membantu dalam pembuatan token mereka masing-masing, Caitlyn Jenner (JENNER) dan Jason Derulo (JASON).

Firma analitik crypto Bubblemaps mengklaim bahwa setiap token — termasuk token Mother Iggy (MOTHER) milik Azalea, yang tidak melibatkan Arora — telah melihat aktivitas orang dalam pada peluncurannya, dengan beberapa dompet mendapatkan keuntungan jutaan dolar.

Token JENNER, JASON, dan MOTHER semuanya mengalami penurunan signifikan dari puncaknya. MOTHER, yang terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar crypto, turun 84,5% dari puncaknya di bulan Juni, sementara JENNER dan JASON masing-masing turun 55,5% dan hampir 78% dari puncaknya di awal dan akhir Juni.

Potensi Tindakan Hukum

Para investor crypto yang mungkin mengalami kerugian dapat mencoba membentuk gugatan class action untuk menuntut selebriti tersebut. Jika cukup banyak orang kehilangan uang, kemungkinan besar kita akan melihat class action. Mayoritas proyek crypto meme coin akhirnya berakhir dengan nilai nol, sehingga tidak mengharapkan hal yang berbeda di sini.

Ada banyak persyaratan lain dalam menangani sekuritas yang mungkin membuat lebih aman bagi selebriti untuk tetap berpegang pada pekerjaan sehari-hari mereka.

Baca Juga: Astra Nova: Game Crypto Web3 Menarik Minat 170.000+ Pengguna Sebelum Peluncuran Token!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

*Featured Image: Crypto News Australia

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->