Bitcoin Paska Penjualan Pemerintah Jerman: 88% dari 50.000 BTC Telah Dijual! Gimana Nasib BTC?

Updated
July 14, 2024
Gambar Bitcoin Paska Penjualan Pemerintah Jerman: 88% dari 50.000 BTC Telah Dijual! Gimana Nasib BTC?

Jakarta, Pintu News – Pemerintah Jerman telah memulai operasi besar-besaran untuk melikuidasi Bitcoin yang disita, dengan sekitar 88% dari 50.000 BTC yang telah dijual. Mari kita lihat lebih dekat dampak dari penjualan ini dan apa yang mungkin terjadi selanjutnya untuk harga Bitcoin.

Penjualan Bitcoin oleh Pemerintah Jerman

Pemerintah Jerman telah mengintensifkan penjualan Bitcoin yang disita dari operator situs web pembajakan film, Movie2k.to, pada tahun 2013. Pada Januari 2024, polisi di negara bagian Saxony mengumumkan bahwa hampir 50.000 Bitcoin, senilai $2,2 miliar pada saat itu, telah disita. Menurut Arkham Intelligence, volume likuidasi telah meningkat secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir.

Pada bulan Juni 2024, polisi Jerman menjual 900 BTC ($52 juta). Pada 4 Juli, pihak berwenang memindahkan 1.300 BTC ($76 juta) dan kemudian mentransfer 1.700 BTC ($99 juta). Pada 8 Juli, pemerintah Jerman melikuidasi Bitcoin senilai $155 juta dalam transaksi terpisah.

Hari ini, pemerintah Jerman mengirim 2.738,7 BTC ($155,3 juta) ke bursa atau pembuat pasar termasuk Kraken dan Cumberland. Sebelumnya, pemerintah tidak berinteraksi dengan alamat Cumberland atau alamat lainnya yang digunakan.

Dampak dan Analisis

Menurut analis crypto Michaël van de Poppe, harga Bitcoin berhasil bertahan antara $57.000 dan $60.000 meskipun ada tekanan jual dari penjualan besar-besaran oleh pemerintah Jerman dan pembayaran Mt. Gox. Sebelumnya, anggota Bundestag Jerman Joana Cotar menyatakan ketidakpuasannya, menyarankan pemerintah untuk menyimpan aset tersebut sebagai mata uang cadangan strategis.

Cotar bahkan mengirim surat kepada Kanselir Jerman Olaf Scholz, Menteri Keuangan Christian Lindner, dan Presiden Menteri Saxony Michael Kretschmer, menginformasikan bahwa menjual token tersebut kontraproduktif.

Prospek Harga Bitcoin

Secara kolektif, para analis crypto mengakui bahwa penjualan oleh pemerintah Jerman dan pembayaran Mt. Gox telah berdampak besar pada sentimen pasar, menyebabkan harga turun di bawah $55.000 pada satu titik, mencatat level terendah sejak Februari 2024. Data dari CoinGecko menunjukkan bahwa kapitalisasi pasar gabungan sebesar $170 miliar hilang dalam 24 jam.

Dengan penjualan yang sedang berlangsung, harga Bitcoin dapat membalikkan keadaan ke $70.000 setelah berhasil menyerap tekanan jual. Namun, kehilangan kapasitas ini bisa berakibat fatal, menurunkan harga di bawah $50.000.

Baca Juga:

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

*Featured Image: Generated by AI

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->