Rekor Baru! Inflow Investasi Aset Digital Capai $17,8 Miliar dengan Dominasi Bitcoin dan Ethereum

Updated
July 16, 2024
Gambar Rekor Baru! Inflow Investasi Aset Digital Capai $17,8 Miliar dengan Dominasi Bitcoin dan Ethereum

Jakarta, Pintu News – Pada 16 Juli 2024, pasar kripto global telah mengalami kebangkitan tajam, dengan total kapitalisasi pasar mencapai $2,37 triliun, menandai peningkatan 3,36% dalam 24 jam terakhir.

Sementara itu, volume perdagangan melonjak sebesar 41,12% menjadi  $83,38 miliar dalam 24 jam terakhir, didominasi oleh stablecoin yang menyumbang $58,52 miliar, atau 91,29% dari total volume.

Inflow Investasi Catat Rekor Baru: $17,8 Miliar

Di sisi lain, arus masuk (inflow) investasi dalam produk aset digital mencapai rekor baru lebih dari $17,8 miliar tahun ini, menandakan potensi pemulihan pasar kripto. Rekor baru ini datang setelah produk investasi kripto mencatat inflow sebesar $1,44 miliar minggu lalu.

Sumber: CoinShares

Menurut data CoinShares, inflow sejak awal tahun 2024 telah mencapai $17,8 miliar, jauh melampaui rekor sebelumnya sebesar $10,6 miliar yang dicatat pada tahun 2021.

Sebagian besar inflow ini berasal dari pembeli yang berbasis di Amerika Serikat, sementara Swiss juga mencatat jumlah pembelian aset digital yang tinggi.

Bitcoin Catatkan Pekan Inflow Terbesar Kelima

Bitcoin mengalami pekan inflow terbesar kelima yang tercatat, mencapai lebih dari $1,35 miliar. Inflow besar ini membantu Bitcoin kembali ke atas level signifikan $60.000.

Sumber: CoinShares

Sementara itu, produk investasi terkait short Bitcoin mengalami outflow mingguan terbesar sejak April 2024, dengan total lebih dari $8,6 juta.

Penurunan harga Bitcoin minggu lalu kemungkinan disebabkan oleh penjualan BTC oleh pemerintah Jerman.

Menurut CoinShares,

“Kami percaya kelemahan harga karena penjualan Bitcoin oleh Pemerintah Jerman dan perubahan sentimen karena CPI AS yang lebih rendah dari perkiraan mendorong investor untuk menambah posisi.”

Ethereum Mencatatkan Inflow $72 Juta di Tengah Antisipasi ETF ETH

Sementara itu, Ethereum mencatat inflow terbesar kedua setelah Bitcoin, dengan total lebih dari $72,1 juta minggu lalu. Inflow yang meningkat ini kemungkinan datang di tengah antisipasi peluncuran ETF spot Ether pertama di AS, yang dapat diperdagangkan dalam beberapa minggu mendatang.

Penerbit ETF spot Ethereum di AS berharap menerima komentar akhir dari Securities and Exchange Commission pada awal minggu ini.

Beberapa penerbit, termasuk VanEck dan 21Shares, telah mengajukan pendaftaran yang telah diubah minggu ini dengan harapan menerima persetujuan akhir dari SEC untuk mulai mendaftarkan ETF spot Ether. Delapan penerbit spot sedang menunggu persetujuan regulasi di AS.

Lebih Banyak Detail Inflow

Sumber: CoinShares

Secara regional, AS memimpin dengan inflow sebesar $1,3 miliar, menyoroti sentimen positif di seluruh pasar global.

Inflow yang signifikan juga diamati di Swiss, mencatat rekor untuk tahun ini, serta di Hong Kong dan Kanada, dengan masing-masing sebesar $58 juta dan $55 juta.

Altcoin juga menarik modal investor, dengan Solana, Avalanche, dan Chainlink menerima inflow masing-masing sebesar $4,4 juta, $2 juta, dan $1,3 juta.

Secara keseluruhan, ketahanan pasar meskipun tantangan baru-baru ini, termasuk penjualan Bitcoin oleh pemerintah Jerman dan fluktuasi angka CPI AS, menunjukkan meningkatnya kepercayaan di antara investor yang terus memanfaatkan peluang beli yang ada dalam aset digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->