Craig Wright Akui Bukan Satoshi Nakamoto, Terbitkan Disclaimer di Situs Web!

Updated
July 18, 2024
Gambar Craig Wright Akui Bukan Satoshi Nakamoto, Terbitkan Disclaimer di Situs Web!

Jakarta, Pintu News – Pada tanggal 16 Juli, Craig Wright, yang sebelumnya mengklaim sebagai pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto, mengeluarkan disclaimer hukum di halaman utama situs webnya yang menyatakan bahwa ia bukanlah Satoshi Nakamoto.

Pengumuman ini mengikuti putusan terbaru dari Pengadilan Tinggi Inggris yang menolak klaim Wright atas hak cipta teknologi yang dijelaskan dalam white paper Bitcoin. Simak berita lengkapnya disini!

Pengakuan Craig Wright

Craig Wright mengakui dua poin penting dalam disclaimer-nya. Pertama, ia mengakui bahwa dia bukan penulis white paper Bitcoin.

Kedua, dia mengakui bahwa dia tidak memiliki hak cipta atas teknologi yang dijelaskan dalam white paper tersebut. Pengakuan ini datang setelah bertahun-tahun Wright mengklaim bahwa dia adalah Satoshi Nakamoto sejak 2016.

Wright telah lama menjadi tokoh kontroversial di dunia kripto, dengan mengajukan tuntutan hukum terhadap beberapa bisnis dan individu di industri Bitcoin.

Baca Juga: Satoshi Nakamoto: Misteri di Balik Pencipta Bitcoin Terungkap Melalui Email!

Namun, bukti yang diajukan oleh Crypto Open Patent Alliance (COPA) berhasil membantah klaim Wright, dengan lebih dari 50 bukti yang menunjukkan ketidaksesuaian dalam dokumen dan metadata yang diajukan oleh Wright.

Pertempuran Hukum dan Bukti Penipuan

legal disclaimer craig wright
Legal disclaimer yang ditampilkan di situs web Wright. Sumber: Craig Wright

Pada tahun 2023, Wright mengajukan tuntutan hukum terhadap beberapa pengembang Bitcoin, menuduh mereka melanggar hak ciptanya atas beberapa teknologi dasar untuk sistem ledger terdistribusi dan mengklaim hak atas basis data Bitcoin

Namun, selama persidangan, COPA memanggil ahli forensik dan analis onchain yang bersaksi bahwa Wright telah memalsukan dokumen dan metadata.

Hakim James Mellor dari Pengadilan Tinggi Inggris setuju dengan argumen COPA bahwa pencipta sistem teknis seperti Bitcoin tidak akan membuat kesalahan yang ditemukan dalam pemalsuan Wright. Putusan ini menegaskan bahwa Wright bukanlah Satoshi Nakamoto.

Baca Juga: Misteri Bangkitnya Satoshi Nakamoto, Pencipta Bitcoin!

Selain itu, aset Wright telah dibekukan oleh Pengadilan Tinggi Inggris untuk membantu podcaster Peter McCormack mendapatkan kembali $2 juta dalam biaya hukum dari gugatan pencemaran nama baik yang diajukan oleh Wright pada tahun 2019.

Wright juga mungkin menghadapi tuduhan sumpah palsu dan pemalsuan lebih lanjut akibat bukti yang tidak dapat diandalkan yang diajukan oleh tim hukumnya.

Dampak dan Tindakan Selanjutnya

Setelah putusan ini, Wright diperintahkan untuk membuat pernyataan publik yang menyatakan bahwa dia bukan pencipta Bitcoin.

Pernyataan ini dibuat di platform media sosial X (sebelumnya Twitter), Slack, dan situs web Wright. Langkah ini menandai akhir dari klaim kontroversial Wright atas identitas Satoshi Nakamoto.

Namun, masalah hukum Wright mungkin belum berakhir. Hakim Mellor merekomendasikan agar Wright diselidiki oleh Crown Prosecution Service atas tuduhan sumpah palsu.

Bukti yang diajukan dalam persidangan menunjukkan adanya pemalsuan dan kesalahan dalam dokumen yang diajukan oleh Wright, yang bisa berpotensi memperburuk masalah hukumnya di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->