Harga Spot Emas Dunia Hari Ini (19 Juli 2024), Prospek Naik Imbas Ekspektasi Pemotongan Suku Bunga AS

Updated
July 19, 2024
Gambar Harga Spot Emas Dunia Hari Ini (19 Juli 2024), Prospek Naik Imbas Ekspektasi Pemotongan Suku Bunga AS

Harga emas turun pada hari Jumat, namun tetap berada di jalur untuk mencatat kenaikan mingguan keempat berturut-turut karena ekspektasi Federal Reserve yang akan memangkas suku bunga pada bulan September meningkatkan daya tarik logam mulia tersebut.

Harga spot emas turun 1% menjadi $2.420,51 per ons pada pukul 15:40 WIB. Selama minggu ini, harga emas telah naik 0,4% dan mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar $2.483,60 pada hari Rabu.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas

Dolar AS naik 0,1% dan imbal hasil obligasi Treasury 10 tahun acuan juga naik, yang mana memberikan tekanan pada emas. Meskipun ada penurunan ini, emas masih dalam jalur kenaikan mingguan karena ekspektasi pemotongan suku bunga yang mendekat.

Kelvin Wong, analis pasar senior OANDA untuk Asia Pasifik, mengatakan bahwa saat ini emas mengalami aksi “profit-taking”, tetapi prospeknya positif dalam jangka menengah di tengah ketidakpastian politik dan mendekatnya pemotongan suku bunga.

Pasar melihat kemungkinan 98% bahwa Fed akan memangkas suku bunga pada bulan September, menurut CME FedWatch. Daya tarik emas yang tidak menghasilkan bunga cenderung meningkat di lingkungan suku bunga rendah.

Bagaimana Prospek Masa Depan Emas?

prospek harga emas dunia di masa depan

(generated by AI)

Julia Khandoshko, CEO broker Eropa Mind Money, mengatakan bahwa pengumuman resmi pelonggaran kebijakan moneter oleh Fed diharapkan dapat lebih meningkatkan harga emas. Akibatnya, harga bisa mencapai rekor $3.000 pada Sep – Nov 2024 mendatang.

Di awal minggu ini, Ketua Fed Jerome Powell mengatakan bahwa pembacaan inflasi terbaru “menambah sedikit kepercayaan” bahwa laju kenaikan harga kembali ke target bank sentral secara berkelanjutan, menunjukkan bahwa pemotongan suku bunga mungkin tidak jauh lagi. Namun, Presiden Bank Fed San Francisco Mary Daly mengatakan pada hari Kamis, “tidak ada stabilitas harga saat ini.”

Menurut catatan mingguan dari Metals Focus, “Saat pasar fisik secara bertahap terbiasa dengan harga yang lebih tinggi dan yakin bahwa tren naik ini akan bertahan, fundamental emas seharusnya membaik.”

Logam Lainnya

Harga perak spot turun 2,4% menjadi $29,34 per ons, platinum turun 0,2% menjadi $966,32, dan paladium turun 0,1% menjadi $928,54. Ketiga logam tersebut mengalami penurunan mingguan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->