Harga ETH Anjlok 7% Pasca Peluncuran ETF Ethereum, Mengapa Ethereum Turun Hari Ini?

Updated
July 25, 2024
Gambar Harga ETH Anjlok 7% Pasca Peluncuran ETF Ethereum, Mengapa Ethereum Turun Hari Ini?

Jakarta, Pintu News – Sehari setelah peluncuran ETF spot Ethereum yang sukses, harga Ethereum mengalami tekanan jual yang kuat, turun lebih dari 7% hingga mencapai level $3.150.

Hal ini menyebabkan likuidasi besar-besaran pada posisi long Ethereum dalam 24 jam terakhir. Kira-kira, apa yang terjadi?

Harga ETH Menurun 7,45% dalam Waktu 24 Jam

Sumber: Pintu Market

Pada saat penulisan (25/7/24), harga Ethereum tercatat mengalami penurunan sebesar 7,45% dalam waktu 24 jam. Harga ETH sempat menyentuh harga tertingginya di Rp56.407.710 sebelum anjlok ke harga terendahnya di Rp51.469.182.

Baca juga: AltLayer Umumkan Jadwal Vesting Baru untuk $109 Juta ALT Token, Apa yang Perlu Diketahui?

Lebih lanjut, market cap Ethereum kini berada di sekitar $382,254,477,945, dengan volume perdagangan harian yang juga menurun menjadi $20,999,130,435 dalam waktu 24 jam terakhir.

Lonjakan Likuidasi Ethereum

Menurut data dari Coinglass, total likuidasi Ethereum telah melampaui Bitcoin dalam 24 jam terakhir. Data menunjukkan bahwa likuidasi Ethereum mencapai $97,8 juta sementara likuidasi Bitcoin berada di $80,9 juta.

Dari total likuidasi ETH, $94,4 juta adalah likuidasi long dengan hanya $43,3 juta dalam likuidasi short. Menariknya, sebagian besar likuidasi ini terjadi dalam 4 jam terakhir dengan harga Ethereum menghadapi tekanan jual besar-besaran.

Persetujuan ETF spot Ethereum tampaknya menjadi acara “sell-the-news” serupa dengan yang terjadi pada Bitcoin awal tahun ini. Dengan harga ETH naik hingga $3.500 pada Juli, para investor tampaknya mulai mencairkan keuntungan dari euforia seputar persetujuan ETF.

Aktivitas Whale Ethereum dan Distribusi Mt. Gox

Selain itu, data on-chain menunjukkan bahwa whale Ethereum besar telah menjual koinnya pada Rabu, 24 Juli 2024. Menurut data dari Spot on Chain, whale besar tersebut meraup keuntungan $173 juta dari ETH, sambil menyetor 10.000 ETH senilai $34,2 juta ke Kraken, tepat sebelum penurunan harga Ethereum.

Baca juga: Guncang Dunia Otomotif! Toyota Berencana Adopsi Teknologi Ethereum

Whale ini dilaporkan menarik 96.639 ETH dari Coinbase pada harga $1.580 pada September 2022. Sejak Maret tahun ini, paus ini telah memindahkan hampir 40.000 ETH ke Kraken. Whale ini masih memiliki sisa saldo 56.639 ETH senilai $188 juta dengan harga ETH saat ini.

Selain itu, 10xResearch mencatat bahwa distribusi Mt. Gox saat ini memberi tekanan pada pasar kripto secara lebih luas.

“Jika tren ini berlanjut, kripto akan membutuhkan lebih banyak dukungan untuk rally. Ethereum mungkin menjadi mata rantai terlemah, di mana fundamentalnya (pengguna baru, pendapatan, dll.) stagnan atau menurun,” catat 10x Research.

Apakah Pembalikan Harga Ethereum Akan Terjadi?

Analis kripto terkenal, Michael van de Poppe, menyatakan bahwa harga ETH mungkin melihat beberapa pembalikan di tengah arus keluar yang kuat dari Grayscale Ethereum Trust.

ETH mungkin mengalami penurunan selama dua minggu sebelum melanjutkan rally ke level tertinggi baru sepanjang masa. Menurut chart, Ethereum bisa mengambil dukungan sekitar $3.150 sebelum melanjutkan kenaikan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->