Bitcoin ETF Kembali Mengalir, Ethereum ETF Justru Rugi $133 Juta!

Updated
July 26, 2024
Gambar Bitcoin ETF Kembali Mengalir, Ethereum ETF Justru Rugi $133 Juta!

Jakarta, Pintu News – Pasar kripto mengalami pergeseran signifikan dalam aliran investasi antara Bitcoin dan Ethereum ETF pada Rabu, 24 Juli 2024.

Aliran ETF spot Bitcoin positif, dengan $44,5 juta tercatat. Namun, ETF Ethereum kehilangan $133,3 juta karena hype yang mereda. Lebih lanjut, Grayscale ETHE ETF mengalami arus keluar besar-besaran, yang mengimbangi arus masuk ETH ETF Fidelity dan Bitwise.

Aliran Bitcoin ETF vs Ethereum ETF

Dilansir dari Coingape (25/7/24), aliran masuk ETF Bitcoin didorong oleh BlackRock dengan $66 juta yang mengesankan. Sementara itu, FBTC Fidelity menerima arus masuk sederhana sebesar $1,4 juta. Sedangkan ARKB Ark 21Shares mencatat arus masuk $3,3 juta. Di sisi lain, Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) menghadapi arus keluar $26,2 juta.

Baca juga: Setelah Kesuksesan ETF Ethereum, Franklin Templeton Pertimbangkan ETF Solana!

Sebaliknya, ETF Ethereum mengalami arus keluar yang substansial. Meskipun ada aliran positif dari FETH Fidelity dan ETHW Bitwise, total arus keluar ETF untuk hari itu mencapai $133,3 juta.

Menurut data Farside UK, Fidelity Ethereum ETF mencatat arus masuk $74,6 juta yang mengejutkan. Selain itu, ETF Ethereum Bitwise melihat $29,6 juta dalam arus masuk, turun dari $204 juta pada debutnya.

Sumber: Farside

Sementara itu, arus keluar bersih termasuk arus keluar yang signifikan dari Grayscale Ethereum Trust (ETHE). Ia melihat penarikan besar-besaran $326,9 juta karena biaya 2,50% yang tinggi.

Pasar ETH Hadapi Tekanan

sec setujui etf ethereum
Sumber: Crypto Adventure

Menurut laporan, pasar ETH menghadapi tekanan tambahan karena arus masuk BlackRock Ethereum ETF (ETHA) anjlok dari debut yang kuat sebesar $266,5 juta menjadi hanya $17,4 juta pada hari kedua.

Lebih lanjut, penurunan ini menyoroti perubahan sentimen investor dan kemungkinan kekhawatiran tentang biaya dan pengelolaan dana ini. Meskipun demikian, Grayscale’s Mini-Ethereum Trust meraup $45,9 juta, diuntungkan dari biaya rendah 0,15%.

Secara keseluruhan, total aset yang dikelola (AUM) Spot ETH ETF turun signifikan dari $10,255 miliar menjadi $9,538 miliar. Ini menunjukkan kepercayaan investor yang semakin berkurang pada ETF berbasis Ethereum.

Prediksi Pakar Untuk Ruang Crypto ETF

Pada debut hari Selasa, CIO Bitwise Matt Hougan menyatakan keterkejutannya atas keberhasilan Ether ETF, termasuk ETHW Bitwise.

Baca juga: Saldo Bitcoin Tetap Stabil, Kepemilikan BTC Tesla Capai $640 Juta di Kuartal 2 Tahun 2024

Dia mencatat bahwa ETHW saja melihat arus masuk melebihi $200 juta pada hari pertamanya. Lebih lanjut, Hougan berkomentar, “Sejujurnya, ini melebihi harapan saya saat makan siang.”

Dia lebih lanjut menjelaskan,

“Kami memiliki sekitar setengah miliar dolar yang diperdagangkan di ETF baru ini. Sebagai perbandingan, ETF rata-rata diperdagangkan sekitar satu juta dolar pada hari peluncurannya.”

Volume perdagangan yang tinggi dari ETF Ethereum ini menjadikan mereka sebagai beberapa peluncuran paling sukses dalam sejarah, kedua setelah Bitcoin ETF.

Keberhasilan ETF ETH memegang peranan penting bagi pasar kripto. Hougan menyarankan bahwa persetujuan ETF ini menandai dimulainya era baru untuk investasi kripto.

“Jangka panjang, saat kita melihat ke tahun 2025, kita telah memasuki era ETF kripto. Kita akan melihat ETF pada beberapa aset kripto; kita akan melihat ETF berbasis indeks,” katanya dalam sebuah wawancara Bloomberg.

Dalam prediksi ke depan, Hougan memproyeksikan peran yang lebih besar bagi investor institusional dalam arus masuk Bitcoin dan Ether ETF. Saat ini, investor institusional menyumbang 5-6% dari arus masuk Bitcoin ETF, berdasarkan pengajuan 13F baru-baru ini. Dia memperkirakan bagian ini akan naik menjadi 50%.

Dalam X Space baru-baru ini yang diselenggarakan oleh Bitwise, Spencer Bogart, Mitra Umum di Blockchain Capital, lebih lanjut memperkirakan bahwa Ether ETF dapat menarik lebih dari $10 miliar dalam arus masuk dalam tahun pertama.

Demikian pula, Ryan Rasmussen, Kepala Riset di Bitwise, memperkirakan bahwa harga ETH dapat mencapai puncak baru antara $6.500 dan $7.500.

Para ahli juga mencatat bahwa harga ETH dapat mengalami penurunan yang signifikan setelah peluncuran karena sentimen jual-berita. Namun, arus masuk Ethereum ETF diharapkan dapat melawan penurunan dalam jangka panjang.

Meskipun demikian, karena arus telah berubah negatif hanya pada hari kedua perdagangan, masa depan ETF ini dan persetujuan crypto ETF lainnya tetap tidak pasti.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CoinPedia

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->