Sentuh $69.000, Bitcoin Mencapai ‘Sentimen Positif’ Tertinggi dalam 16 Bulan!

Updated
July 29, 2024
Gambar Sentuh $69.000, Bitcoin Mencapai ‘Sentimen Positif’ Tertinggi dalam 16 Bulan!

Jakarta, Pintu News – Dilansir dari Cointelegraph, rebound harga Bitcoin baru-baru ini telah menggeser sentimen trader ke level yang belum pernah terjadi dalam 16 bulan terakhir, menurut data yang melacak komentar positif dan negatif di media sosial mengenai Bitcoin.

Simak lebih lanjut, yuk!

Kenaikan Bitcoin Dorong Sentimen Bullish

Melalui sebuah postingan X pada 28 Juli 2024, Santiment menyatakan bahwa reli harga Bitcoin sebesar +20% selama 3 minggu telah membuat para trader merasa jauh lebih bullish dibandingkan dengan awal bulan.

Baca juga: 5 Koin Kripto Terbaik untuk Investasi Jangka Panjang!

Saat penulisan (29/7/24), Bitcoin diperdagangkan pada $69,387, naik 6,22% sejak 25 Juli, menurut data CoinMarketCap.

Santiment menjelaskan bahwa indeks sentimen tertimbangnya – metrik yang mengukur sebutan Bitcoin di X dan membandingkan rasio komentar positif dan negatif – berada di “sentimen positif tertinggi 16 bulan.”

“Rasio komentar positif vs negatif terhadap BTC telah diluncurkan ke level tertinggi sejak Maret 2023 karena level tertinggi sepanjang masa kembali muncul di radar,” tambahnya.

Sentimen Melonjak Menjelang Pidato Bitcoin 2024 oleh Trump

wallet crypto donald trump
Sumber: Block Pitch

Lebih lanjut, lonjakan sentimen positif muncul seiring antisipasi yang telah dibangun selama beberapa minggu terakhir untuk pidato mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di konferensi Bitcoin 2024 di Nashville, Tennessee, pada tanggal 27 Juli.

Di dalamnya, ia menyatakan tujuannya untuk menjadikan AS sebagai “ibu kota kripto dunia”.

Ia meramalkan bahwa “suatu hari nanti” Bitcoin akan menyalip emas, dengan mengatakan bahwa “Bitcoin bukan hanya keajaiban teknologi, seperti yang Anda ketahui, Bitcoin adalah keajaiban kerja sama dan pencapaian manusia.”

Segera setelah pidatonya, Senator pro-kripto Cynthia Lummis memperkenalkan RUU untuk “cadangan Bitcoin strategis,” mengusulkan agar pemerintah AS membeli 5% dari pasokan Bitcoin dunia dan menyimpannya setidaknya selama 20 tahun.

Sementara itu, indeks greed and fear kripto menunjukkan skor “Greed” sebesar 71, naik 24 poin sejak 28 Juni 2024.

Baca juga: Trump Berbicara, Bitcoin Meroket ke Rp1,1 Miliar: Seberapa Tinggi Harga BTC Bisa Naik?

Indeks dengan Cepat Pulih dari Warna Merah yang Berkedip-kedip

Sementara itu, hanya sebulan yang lalu, pada bulan Juni, indeks sentimen tertimbang menunjukkan lonjakan komentar negatif tentang Bitcoin karena harganya diperdagangkan 4% lebih rendah di sekitar $65.000 pada 21 Juni.

“Tingkat FUD [ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan] yang diperpanjang ini jarang terjadi, karena para pedagang terus menyerah,” tulis Santiment dalam posting X pada 20 Juni.

“Kerumunan sebagian besar takut atau tidak tertarik terhadap Bitcoin karena harga berkisar antara $65 ribu hingga $66 ribu,” tambahnya.

Secara keseluruhan, kenaikan harga Bitcoin ke $69.000 menunjukkan betapa dinamisnya pasar crypto. Dengan sentimen pasar yang positif, dukungan regulasi, dan adopsi yang semakin luas, Bitcoin terus menunjukkan potensinya sebagai aset yang berharga.

Namun, penting bagi kamu untuk selalu melakukan analisis yang cermat dan tidak hanya mengikuti tren pasar secara membabi buta. Dengan demikian, kamu dapat memaksimalkan keuntungan dari investasi di dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->