Pemerintah AS Pindahkan $2 Miliar Bitcoin Dua Hari Setelah Pidato Pro-BTC Trump

Updated
July 30, 2024
Gambar Pemerintah AS Pindahkan $2 Miliar Bitcoin Dua Hari Setelah Pidato Pro-BTC Trump

Jakarta, Pintu News – Hanya 2 hari setelah pidato tersebut, perusahaan analitik on-chain Arkham Intelligence melaporkan bahwa pemerintah AS telah memindahkan lebih dari $2 miliar Bitcoin ke alamat baru. Koleksi BTC disita dari pasar gelap Silk Road. Pada tahun 2022, Departemen Kehakiman AS melaporkan akuisisi lebih dari $3,3 miliar cryptocurrency terkemuka setelah penyitaan.

Hingga saat ini, AS belum menentukan rencana dengan Bitcoin yang disita. Masih belum ada indikasi bahwa mereka berencana untuk menjual BTC yang ditransfer, hanya saja telah ditransfer. Namun, pentingnya aset tersebut jelas, karena telah menjadi titik pertikaian politik dalam beberapa bulan terakhir.

Donald Trump Mengungkapkan Rencana Untuk 213.239 Bitcoin Pemerintah AS Jika Terpilih

Semua mata sekarang tertuju pada apa yang akan dilakukan AS dengan Bitcoin. Pasar baru-baru ini bersaing dengan penjualan Bitcoin yang disita secara konsisten oleh Jerman. Oleh karena itu, banyak yang menyerukan AS untuk menahan aset tersebut. Di antara mereka adalah Senator AS Cynthia Lummis. Perwakilan tersebut memperkenalkan undang-undang yang menyatakan hal itu.

Memang, Lummis menyerukan agar Bitcoin digunakan sebagai aset cadangan strategis oleh Amerika Serikat. Rencana tersebut akan meminta Departemen Keuangan untuk menahan BTC sebagai aset cadangan, mirip dengan bagaimana mereka akan menahan emas atau mata uang asing. Langkah tersebut akan memungkinkan Bitcoin dijual untuk membantu memerangi utang nasional yang terus meningkat.

Baca Juga: 3 Token Crypto Mining yang Berpotensi Bikin Kamu Tajir Melintir di 2024!

Rencana Donald Trump Untuk Bitcoin yang Dimiliki Pemerintah AS

Selama konferensi Bitcoin, Trump menyatakan bahwa jika terpilih, pemerintahannya akan menerapkan kebijakan yang mengamanatkan pemerintah AS untuk menyimpan “100%” Bitcoin yang saat ini dipegang atau diperolehnya. Trump membuat pernyataan ini sambil menyatakan bahwa pemerintah, hingga saat ini, telah “melanggar aturan utama yang diketahui setiap Bitcoiner,” yaitu tidak pernah menjual BTC mereka.

Data dari platform analitik on-chain Arkham Intelligence menunjukkan bahwa pemerintah AS saat ini memegang 213.239 BTC ($14,87 miliar). Namun, pemerintah diketahui telah menjual sebagian dari kepemilikannya di masa lalu, dengan penjualan terakhir yang dikonfirmasi terjadi pada bulan April ketika menjual 1.754 BTC.

Rencana Trump bagi AS untuk menahan semua kepemilikan Bitcoinnya tidak diragukan lagi memberikan prospek bullish untuk Bitcoin, mengingat dampak penjualan BTC pemerintah AS terhadap harga token di masa lalu. Selain itu, AS memegang Bitcoin terbanyak di antara semua pemerintah. Oleh karena itu, langkah seperti itu dapat menghapus sejumlah besar Bitcoin dari peredaran untuk jangka waktu yang cukup lama.

Perlu dicatat bahwa sebagian besar kepemilikan Bitcoin pemerintah AS berasal dari penyitaan yang dilakukan dari pasar gelap Silk Road, yang dibuat oleh Ross Ulbricht. Menariknya, Trump kembali menegaskan janjinya untuk mengubah hukuman Ulbricht jika dia terpilih.

Bagaimana Pencalonan Trump Terus Memberikan Prospek Bullish Untuk Crypto

Sebelum konferensi, Trump telah menegaskan dukungannya untuk Bitcoin dan cryptocurrency lainnya. Hal ini menyebabkan beberapa prediksi bahwa Bitcoin dapat mencapai ketinggian yang belum pernah terjadi sebelumnya jika Trump memenangkan pemilihan presiden AS pada bulan November. Misalnya, Standard Chartered memperkirakan bahwa Bitcoin dapat mencapai $150.000 pada akhir tahun jika mantan Presiden menang.

Kemenangan Trump juga diharapkan untuk mengantarkan peraturan crypto yang lebih jelas dan lebih menguntungkan, yang tidak diragukan lagi akan berdampak positif pada harga crypto. Ini kemungkinan besar akan terjadi, mengingat bagaimana pendekatan regulasi crypto oleh penegakan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS telah meninggalkan rasa pahit di pasar crypto. Menariknya, Trump berjanji untuk memecat ketua SEC, Gary Gensler, yang telah mempelopori pendekatan ini dari Komisi sejauh ini.

Penutup

Rencana Trump untuk Bitcoin yang dimiliki pemerintah AS dan dukungannya yang berkelanjutan untuk cryptocurrency telah menyebabkan prospek bullish untuk pasar crypto. Jika terpilih, kebijakan Trump dapat berdampak signifikan pada adopsi dan harga Bitcoin dan cryptocurrency lainnya.

Baca Juga: Ripple Analyst Jelaskan Bagaimana XRP Bisa Mencapai Target $100 pada 2025

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->