Peluncuran ETF Ethereum Mengundang Aliran Dana $2,2 Miliar

Updated
July 30, 2024
Gambar Peluncuran ETF Ethereum Mengundang Aliran Dana $2,2 Miliar

Jakarta, Pintu News  Peluncuran spot Ether exchange-traded funds (ETFs) di Amerika Serikat telah menandai salah satu aliran dana terbesar ke aset ini sejak Desember 2022. Menurut laporan terbaru dari CoinShares, ETF spot Ethereum yang baru diterbitkan berhasil mengumpulkan aliran dana sebesar $2,2 miliar, bersamaan dengan kenaikan 542% dalam produk perdagangan Ether (ETPs). Simak berita lengkapnya berikut ini!

Perkembangan Aliran Dana Bitcoin

Di samping perkembangan Ether, Bitcoin juga telah menarik aliran dana sebesar $3,6 miliar selama bulan terakhir, yang berkontribusi pada total aliran dana sepanjang tahun (YTD) sebesar $19 miliar—sebuah rekor tertinggi dalam sejarah.

Analis CoinShares percaya bahwa lonjakan ini didorong oleh spekulasi seputar pemilu AS yang akan datang dan potensi BTC untuk menjadi aset cadangan strategis.

Analis juga mengaitkan hal ini dengan perbaruan kepercayaan investor terhadap BTC, mengingat ekspektasi pemotongan suku bunga Federal Reserve pada bulan September.

Baca Juga: Base Dawgz (DAWGZ) Lampaui Tonggak Presale $2,7 Juta saat Base Chain Merambah ke Arena Politik!

Tren Pasar dan Statistik

etf ethereum dtcc
Sumber: CoinStats

Laporan ini mengungkapkan bahwa pasar aset digital terus tumbuh, dengan total aset yang dikelola mencapai $99,1 miliar. Total aliran dana untuk tahun 2024 telah mencapai rekor $20,5 miliar YTD karena volume perdagangan di semua aset digital naik ke rekor tertinggi pada bulan Mei dalam antisipasi ETF Ethereum.

Laporan ini juga menyoroti bahwa rekor ini dipecahkan pada minggu 22 Juli, dengan total $14,8 miliar, yang sebagian besar didorong oleh peluncuran ETF Ether, meskipun produk investasi aset digital hanya melihat aliran dana sebesar $245 juta.

Aliran Keluar Grayscale Mencapai $1,5 Miliar

Pada 26 Juli, Grayscale Ethereum Trust ETF mencatat aliran keluar lebih dari $1,5 miliar, dengan aliran keluar bersih mencapai $356 juta dalam satu hari. ETF Trust Ethereum yang baru dikonversi menyaksikan penarikan lebih dari $1,5 miliar sejak ETF spot Ether diluncurkan di AS pada 23 Juli.

Sebaliknya, Grayscale’s Ethereum Mini Trust ETH (ETH) tampil baik, mencatat aliran masuk bersih sebesar $44,9 juta pada 26 Juli.

Baca Juga: Ethereum Foundation Memindahkan Seluruh Kepemilikan Token TKO ke Bitcoin Suisse

Peluncuran ETF Ethereum telah membawa perubahan signifikan dalam dinamika pasar, mengundang aliran dana besar dan memperkuat kepercayaan investor terhadap potensi masa depan aset digital ini. Dengan perkembangan ini, para investor diharapkan tetap waspada terhadap tren dan pergerakan pasar yang dapat mempengaruhi portofolio mereka.

Kesimpulan

Peluncuran ETF Ethereum di Amerika Serikat telah menghasilkan aliran dana besar sebesar $2,2 miliar, menunjukkan minat yang kuat dari investor terhadap aset digital ini.

Dengan aliran dana yang signifikan ke Ether dan Bitcoin, serta perubahan dinamika pasar yang dipicu oleh peluncuran ETF baru, pasar aset digital terus menunjukkan pertumbuhan dan potensi yang menjanjikan.

Para investor disarankan untuk terus memantau perkembangan ini dan mengambil keputusan investasi yang bijak berdasarkan tren pasar terbaru.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->