Pemerintah AS Pindahkan 29.800 Bitcoin, Harga BTC Anjlok 3,67% Hari Ini (30/7/24)!

Updated
July 30, 2024
Gambar Pemerintah AS Pindahkan 29.800 Bitcoin, Harga BTC Anjlok 3,67% Hari Ini (30/7/24)!

Jakarta, Pintu News  Pemerintah Amerika Serikat (AS) baru saja memindahkan lebih dari 29.800 Bitcoin senilai lebih dari $2 miliar dari dompet yang disita dari pasar gelap Silk Road. Ini merupakan salah satu transfer Bitcoin terbesar dari pemerintah AS dalam beberapa waktu terakhir, dan telah mengguncang pasar. Simak analisa lengkapnya berikut ini!

Bitcoin Tidak Bebas dari Penjualan Pemerintah

Menurut data dari Arkham Intelligence, transfer tersebut terkait dengan alamat dompet yang diberi label “Pemerintah AS: Silk Road DOJ Confiscated Funds (bc1qj)”. Dompet ini memindahkan sekitar 29.800 BTC dalam dua tahap.

Tahap pertama melibatkan transfer 27.799 BTC dan 0,001 BTC lainnya ke dompet yang berbeda. Sementara data on-chain menunjukkan transparansi dalam pergerakan dana, alasan di balik transfer ini masih belum jelas.

pemerintah as pindahkan bitcoin
Sumber: Arkham Intelligence

Ini bukan pertama kalinya pemerintah AS melakukan transfer seperti ini. Pada awal Juli, tepat ketika harga Bitcoin mengalami penurunan, pemerintah AS mentransfer 237 BTC senilai sekitar $14 juta pada saat itu.

Baca Juga: Terra Luna Classic v3.1.3 Berhasil Diupgrade, LUNC Menanti Breakout!

Dana tersebut berasal dari rampasan yang awalnya disita dari Sergei Potapenko dan Ivan Turogin, dua pengusaha kripto Estonia dalam skema penipuan kripto skala besar. Sebelum transfer besar, transfer awal 11,84 BTC dilakukan, mungkin sebagai transaksi uji coba.

Pekan lalu, pemerintah AS menyelesaikan transfer 60 Bitcoin lagi, senilai hampir $4 juta. BTC pertama kali masuk ke alamat dompet yang diidentifikasi sebagai “34tXj..HUXfd” dan kemudian dipindahkan ke Coinbase Prime. Seperti dalam kasus ini, alasan transfer masih belum diketahui, tetapi telah memicu keresahan di antara anggota komunitas kripto.

DOJ Melawan Rencana Donald Trump

tornado cash doj
Sumber: CNN

Pemerintah AS memilih untuk melakukan langkah ini beberapa minggu setelah Pemerintah Jerman mengakhiri upaya penjualan Bitcoin.

Dalam kasus Jerman, harga Bitcoin mengalami kerugian, turun hingga $52.000. Pengamat pasar dan analis khawatir tentang dampak negatif dari penjualan berkelanjutan terhadap harga BTC.

Transfer dari DoJ ini terjadi tepat setelah Konferensi Bitcoin 2024 di mana Donald Trump mengatakan dia akan HODL BTC yang saat ini dimiliki oleh Pemerintah AS. Karena kripto telah menjadi topik utama dalam pemilihan mendatang, hampir semua kandidat, kecuali Kamala Harris, telah menegaskan kembali sikap mereka terhadap Bitcoin.

Kesimpulan

Transfer Bitcoin senilai $2 miliar oleh pemerintah AS telah menimbulkan kekhawatiran di antara investor tentang potensi penjualan. Harga Bitcoin telah turun secara signifikan sejak transfer, dan masih belum jelas bagaimana hal ini akan memengaruhi pasar dalam jangka panjang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->