Block Height

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

Block height adalah jumlah blok dalam rantai di antara blok mana pun dengan blok pertama di blockchain (blok genesis atau blok 0). Setiap blok di blockchain memiliki nilai block height tertentu. Blok pertama di blockchain, yang dikenal sebagai genesis block, memiliki block height nol, yang berarti bahwa tidak ada blok sebelumnya. Block height adalah ukuran penting dari tingkat di mana blok baru ditambahkan ke blockchain. Ini juga digunakan untuk mengidentifikasi masing-masing blok.

Namun, dalam beberapa keadaan, dua blok mungkin memiliki block height yang sama. Ini terjadi jika satu transaksi yang sama diselesaikan secara bersamaan oleh lebih dari satu miner yang lalu menyebabkan dua blok berbeda dengan block height yang sama. Hal ini dapat memicu fork, atau dapat mengakibatkan blok menjadi orphan. Teknologi blockchain tidak membolehkan adanya blok yang terduplikat.

Block height adalah salah satu bagian penting dari informasi yang ditampilkan pada block explorer. Ia juga merupakan salah satu informasi paling berguna untuk menemukan detail blok atau transaksi tertentu.

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí