Kamus Crypto

A

Atomic Swaps

Pertukaran aset kripto dari satu pihak ke pihak lainnya yang tidak melewati bursa pertukaran atau pihak penghubung lainnya.

Annual Percentage Rate (APR)

Annual Percentage Rate atau APR adalah tingkat persentase bunga tahunan yang dibayarkan kepada investor yang meminjamkan token atau aset kripto untuk diakses oleh peminjam di perusahaan investasi.

Annual Percentage Yield (APY)

Annual Percentage Yield atau APY adalah tingkat pengembalian atas investasi atau bunga yang diperoleh investor dalam periode waktu tertentu dengan mempertimbangkan bunga majemuk alias compound interest.

Automated Market Maker (AMM)

Automated Market Maker (AMM) adalah sistem yang memanfaatkan algoritma komputer untuk memungkinkan terjadinya pertukaran aset digital secara otomatis.

All-Time Low (ATL)

All-Time Low (ATL) merupakan istilah yang mengacu pada titik harga terendah yang disentuh oleh sebuah aset sejak pertama kali listing.

All-Time High (ATH)

All-Time High (ATH) adalah istilah yang mengacu pada titik harga tertinggi yang disentuh oleh sebuah aset sejak pertama kali listing.

ASIC

ASIC adalah singkatan dari Application-Specific Integrated Circuits, sebuah alat yang didesain khusus untuk penambangan aset kripto.

Arbitrage

Strategi trading yang memanfaatkan ketidakseimbangan harga di dua pasar berbeda.

Anti Money Laundering (AML)

Prosedur peraturan dan kerangka hukum untuk mencegah penjahat melakukan pencucian uang.

Altcoin

Aset crypto selain Bitcoin.

Airdrop

Teknik pendistribusian aset digital ke beberapa alamat wallet atau ke komunitas secara cuma-cuma, biasanya memiliki tujuan untuk mengenalkan aset digital baru tersebut.

Address

Kumpulan huruf dan angka yang mengidentifikasi lokasi wallet tertentu di blockchain.

B

Blockchain Trilemma

Blockchain Trilemma adalah tiga permasalahan utama yang dihadapi sebuah jaringan blockchain, yakni desentralisasi, skalabilitas, dan keamanan.

Bitcoin Dominance

Bitcoin Dominance atau dominasi Bitcoin (BTCD) adalah rasio perbandingan antara kapitalisasi pasar Bitcoin dengan seluruh pasar kripto.

BscScan

BscScan adalah block explorer khusus BNB Chain yang digunakan untuk mencari alamat dan transaksi.

Buy the Dip

Frasa umum yang biasa didengar investor dan trader setelah harga aset turun. Mereka membeli saat harga turun untuk mendapatkan keuntungan dari potensi kenaikan harga di masa depan.

Bull Trap

Sinyal palsu, mengacu pada tren penurunan di saham, indeks, atau sekuritas lain yang berbalik setelah reli yang meyakinkan dan menembus level dukungan sebelumnya.

Bull Market

Tren positif dalam harga pasar. Ini menggambarkan ketika pasar mengalami kenaikan harga yang berkepanjang

Bubble

Siklus ekonomi yang ditandai dengan kenaikan harga aset yang cepat. Eskalasi yang cepat ini diikuti dengan penurunan nilai atau kontraksi yang cepat.

Blockchain

Buku besar terdesentralisasi dan digital yang mencatat informasi transaksi aset crypto dalam urutan kronologis.

Block Height

Jumlah blok dalam rantai di antara blok mana pun dengan blok pertama di blockchain (blok genesis atau blok 0).

Block Header

Bagian dari blok yang menyimpan metadata dari sebuah blok. Bagian ini diolah dengan teknik hashing untuk menjadi mata rantai yang mengaitkan antar blok pada blockchain.

Block Explorer

Situs web yang memungkinkan pengguna untuk mencari informasi seputar transaksi crypto yang dilakukan di blockchain (detail transaksi, saldo, dll).

Block

Struktur data yang menyimpan data transaksi. Ketika sebuah blok terisi dan terhubung ke blok yang sebelumnya sudah terisi, maka akan membentuk sebuah blockchain.

Bitcoin

Aset crypto yang ditemukan pada tahun 2008 oleh pengembang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto.

BEP-20

Standar token pada Binance Smart Chain.

BEP-2

Standar token dalam ekosistem Binance Chain.

Bear Trap

Indikasi teknis palsu yang terjadi ketika kinerja pasar salah menandakan pembalikan tren harga naik. Ini dapat terjadi di semua jenis pasar termasuk cryptocurrency.

Bear Market

Tren negatif harga pasar. Ini menggambarkan ketika pasar mengalami penurunan harga yang berkepanjang