Candlestick

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

Candlestick adalah salah satu jenis grafik yang menggambarkan pergerakan harga sebuah aset pada rentang waktu tertentu. Grafik candlestick bisa diubah menjadi menit, jam, harian, atau bahkan mingguan. Setiap candlestick menampilkan data harga sebuah aset melalui empat informasi, yakni, harga dibuka (open), harga ditutup (close), harga tertinggi (high), dan harga terendah (low).

Dalam membaca pergerakan¬†candlestick, investor harus bisa memperhatikan bagian yang berbentuk batang yang biasa disebut ‚Äėbadan‚Äô. Terdapat dua macam badan, yakni badan merah yang berarti penurunan harga dan badan berwarna hijau yang berarti kenaikan harga. Selain badan, terdapat juga bagian sumbu alias shadow atau wick yang berada di ujung ebuah badan. Bagian ini memperlihatkan pergerakan rentang harga sepanjang periode tertentu, dari terendah ke tertinggi.

Grafik harga candlestick adalah salah satu komponen paling penting untuk membaca pola dan tren harga. Kamu bisa membaca artikel tentang candlestick untuk memahami cara menganalisisnya.

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí