Exchange Traded Fund (ETF)

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

Exchange Traded Fund (ETF) adalah sekumpulan aset berharga seperti saham, obligasi, komoditas, atau aset crypto yang dapat diperjual-belikan dalam satu kesatuan melalui bursa saham. Lewat ETF, investor bisa melakukan diversifikasi investasi tanpa harus mempunyai aset tersebut. Hal ini dikarenakan ETF melacak harga dari sebuah aset tertentu. Misalnya ETF S&P 500, sebuah ETF yang melacak harga saham-saham yang berada di indeks S&P 500.

Kini, ada juga ETF yang melacak harga aset crypto, yakni Bitcoin ETF. Aset ini bekerja dengan cara menggunakan kontrak berjangka (futures contract) Bitcoin sebagai underlying-nya. Dengan membeli Bitcoin ETF, investor dapat memasuki pasar crypto tanpa harus memiliki aset crypto secara langsung. Bitcoin ETF juga sudah teregulasi sebagai produk finansial sehingga dapat diperdagangkan di pasar saham seperti NASDAQ atau NYSE.

Selain diversifikasi, keuntungan lain dari ETF adalah biaya yang rendah, khususnya pada ETF yang dikelola secara pasif. Biasanya, pengelolaannya akan mengikuti dengan susunan indeks yang telah ada dan mengekor performanya. Lewat ETF, investor juga bisa melakukan short-shell, hal yang tidak bisa dilakukan pada bursa dan pasar tradisional. Jika kamu tertarik untuk menggali lebih dalam soal Bitcoin ETF, jangan lupa untuk baca artikel berikut.

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí