GameFi

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

GameFi adalah perpaduan antara game (permainan) dan finance (keuangan) dalam bentuk Decentralized Apps (dapps). GameFi hadir membawa konsep play-to-earn yang memungkinkan para pemainnya mendapatkan insentif ekonomi. Hal ini berbanding terbalik dengan game tradisional bersifat pay-to-play yang mengharuskan pemain membayar untuk mendapatkan fitur-fitur di dalam game.

Pemain bisa mendapatkan imbalan ketika berhasil menyelesaikan sebuah misi atau tugas, memenangkan pertandingan melawan pemain lain, maupun ketika berhasil naik ke level berikutnya. Selain itu, aset di dalam GameFi juga bisa diperjualbelikan dengan pemain lain di luar permainan. Biasanya melewati bursa kripto ataupun marketplace NFT. Imbalan juga bisa didapat secara pasif dengan cara seperti staking, liquidity mining, hingga yield farming.

Saat ini, industri GameFi masih di tahap awal sehingga masih banyak tantangan yang harus diselesaikan seperti sustainability, ekosistem GameFi, hingga gameplay dari project GameFi itu sendiri. Namun, dengan besarnya dukungan dari investor yang terus menyuntikkan dana ke tim pengembang GameFi bisa menjadi indikasi bahwa industri ini mempunyai potensi yang menjanjikan ke depan.

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí