Validator

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

Validator adalah partisipan dalam sebuah jaringan Proof-of-Stake (PoS) blockchain yang bertugas mengonfirmasi transaksi yang terjadi pada jaringan dan mendapatkan imbalan sebagai gantinya. Validator ini akan menentukan apakah sebuah transaksi valid atau tidak. Ketika transaksi dianggap valid, kemudian mereka akan menambahkannya ke dalam buku besar. Dengan begitu, transaksi yang terjadi di setiap jaringan dapat dipastikan integritas dan keamanannya.

Validator diperlukan dalam ekosistem sebuah protokol untuk memvalidasi transaksi, mencipatkan konsensus, serta memastikan keamanan jaringan. Terkait cara kerja validator, sebenarnya cukup kompleks. Namun bisa disederhanakan menjadi tiga langkah: memilih jaringan blockchain, memilih software dan hardware yang tepat, serta menjalankan node sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan dalam protokol blockchain.

Untuk menjadi seorang validator, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Beberapa di antaranya adalah memiliki hardware sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan serta sejumlah aset crypto untuk di-stake. Persyaratan tersebut dapat dilihat di masing-masing website protokol. Namun, menjadi validator juga memiliki risikonya tersendiri, yakni slashing, likuiditas, serta biaya.

Mau tahu lebih lanjut soal validator? Baca selengkapnya di artikel berikut yang sudah disiapkan oleh Pintu Academy.

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí