Apa Itu Bitcoin Miner? Jumlah Pendapatan Hingga Modalnya

Updated
October 6, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa Itu Bitcoin Miner? Jumlah Pendapatan Hingga Modalnya
Reading Time: 3 minutes

Tidak hanya dengan menjadi investor, dengan menjadi penambang bitcoin pun kamu bisa mendapatkan untung yang lumayan dari aset crypto. Para penambang bitcoin ini dikenal juga dengan nama Bitcoin Miner. Apa itu Bitcoin Miner, berapa jumlah pendapatannya, dan bagaimana mereka bekerja? Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Bitcoin Miner?

apa itu bitcoin miner

Bitcoin miner adalah istilah yang diperuntukkan bagi individu atau sekumpulan orang yang melakukan penambangan aset crypto Bitcoin. Mereka perlu menyelesaikan serangkaian algoritma komputasi yang kompleks untuk membuat, memverifikasi dan menambahkan blok transaksi baru ke dalam blockchain yang sudah ada.

Proses penambangan crypto sendiri memerlukan modal yang cukup besar. Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang tertarik untuk mencobanya karena bisa memperoleh imbalan berupa koin atau token crypto atas pekerjaan yang mereka lakukan.

Cara Kerja Bitcoin Miner

Lalu, bagaimana cara kerja Bitcoin Miner? Pada dasarnya, Penambang Bitcoin (Bitcoin Miner) bekerja dengan memverifikasi transaksi yang terjadi dalam jaringan blockchain Bitcoin dengan menggunakan metode Pool Mining, Cloud Mining maupun Personal Mining.

Simak penjelasan lengkapnya di artikel Bagaimana Cara Mining Bitcoin?

Berapa Pendapatan Bitcoin Miner?

Per Februari 2021, perusahaan analitik blockchain Glassnode mengungkapkan bahwa rekor terbesar pendapatan Bitcoin Miner adalah sebesar $4,06 juta per jam dan $50,78 juta per pekannya. Ketika itu, para penambang tersebut dibayar 6,25 Bitcoin untuk setiap blok yang ditambangnya.

Baru-baru ini, Taylor Locke dari CNBC melaporkan bahwa kakak beradik berusia 14 tahun dan 9 tahun asal Texas, Ishaan Thakur dan Aanya, berhasil memperoleh $30.000 per bulan dari penambangan Bitcoin, Ether dan Ravencoin.

Pendapatan penambang Bitcoin diprediksi akan terus meningkat. Omkar Godbole dari Coindesk berpendapat bahwa peningkatan tersebut disebabkan tingginya permintaan pasar akan Bitcoin dari tahun ke tahun. Banyak perusahaan berlomba mengadopsi Bitcoin setelah perusahaan raksasa seperti Tesla dan Mastercard mengumumkan dukungannya untuk Bitcoin.

Baca juga: 5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Crypto

Berapa Modal yang Dibutuhkan Bitcoin Miner?

modal bitcoin miner

Tingkat kompetisi penambangan Bitcoin yang tinggi mengharuskan Bitcoin Miner menggunakan daya komputasi dalam jumlah besar untuk menyelesaikan algoritma komputasi. Penambang membutuhkan peralatan lengkap seperti GPU dan komputer yang terdiri dari CPU, motherboard, RAM dan penyimpanan untuk menjalankan mining.

Sejak tahun 2013, banyak Crypto Miner yang menambang dengan komputer yang dirancang khusus untuk mining crypto, yaitu ASIC. Biaya yang dikeluarkan untuk peralatan ini berkisar dari ratusan hingga puluhan ribu dolar. Meskipun besar, tetapi efisiensinya dalam menambang Bitcoin dinilai lebih unggul.

Beberapa penambang yang tidak punya cukup modal memilih bergabung dengan Pool Mining atau membuat rig mereka sendiri. Abada, perintis BitcoinMerch.com, membuat set rig penambangan Bitcoin mini seharga $875 yang terdiri dari hub USB multi-port, kipas mini, dan 10 stik USB, masing-masing berisi dua chip ASIC yang diproduksi Bitmain.

Di samping biaya peralatan, biaya operasional listrik yang dikeluarkan untuk mining cukup besar. Oleh karenanya, beberapa penambang biasanya memilih untuk menempatkan komputer mereka di perusahaan penyedia layanan akses penambangan crypto seperti Compass Mining.

Itu tadi informasi seputar apa itu Bitcoin Miner, cara kerja hingga modal yang dibutuhkan. Selain mining, kamu juga bisa memperoleh keuntungan dari aset crypto dengan cara investasi maupun trading lewat Pintu, aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di BAPPEBTI. Download Pintu sekarang! Jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Business Insider, 2 siblings, ages 14 and 9, say they make more than $30,000 a month mining bitcoin, ether, and ravencoin. Diakses tanggal: 29-9-21.

CNBC, This 19-year-old earns $54,000 a year mining bitcoin as a full-time job — here’s what it’s like. Diakses tanggal: 29-9-21.

CNBC, The owner of this tiny $875 rig mines bitcoin using free electricity at Starbucks. Diakses tanggal: 29-9-21.

Coindesk, Bitcoin Miners Earn Record Hourly Revenue of $4M. Diakses tanggal: 29-9-21.

Investopedia. Bitcoin Mining. Diakses tanggal: 29-9-21.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+