Pintu Blog
/
Crypto dan Blockchain
/
5 Keuntungan dalam Investasi Bitcoin...
5 Keuntungan dalam Investasi Bitcoin
Combined Shape 2
3 Menit
Bagikan
Reading Time: 3 minutes

Selama satu tahun terakhir sejak pandemi berlangsung, berbagai produk investasi mengalami gejolak. Tidak terkecuali Bitcoin yang juga terus mengalami kenaikan. Kabar mengenai kenaikan harga Bitcoin terutama di media akhirnya membuat euforia publik terhadap aset kripto ini meningkat.

Sebagian di antara kamu mungkin sudah tahu kalau menggunakan Bitcoin memberikan beragam keuntungan dari berbagai aspek. Mulai dari proses transaksi yang cepat, biaya yang rendah hingga perlindungan privasi. Namun, untuk lebih memahami lagi, simak 5 keuntungan investasi Bitcoin berikut ini!

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Bitcoin? Ketahui Penjelasan Singkatnya di Artikel Ini!

Harga Bitcoin Terus Naik Selama Pandemi

Di tengah pandemi, berbagai sektor industri mengalami goncangan. Ini juga yang membuat berbagai produk investasi juga mengalami pasang surut yang luar biasa. Di saat-saat seperti ini, Bitcoin justru menunjukkan eksistensinya sebagai produk investasi yang cukup menjanjikan.

Menurut data dari CNBC, selama tahun 2020, Bitcoin telah mengalami lonjakan harga hingga 400%. Meski tetap berfluktuasi, beberapa tokoh justru memprediksi Bitcoin akan tetap menningkat. Salah satunya adalah Dan Morehead, CEO dan Co-Chief Investment Officer di Pantera Capital. Ia memprediksi harga Bitcoin akan mencapai Rp1,4 miliar pada Agustus 2021 mendatang.

Aktivitas Trading dan Investasi Bitcoin Bisa Dilakukan Selama 24 Jam

Salah satu keuntungan investasi Bitcoin yang tidak bisa kamu dapatkan dari produk investasi seperti saham adalah waktu yang sangat fleksibel. Kamu bisa membeli Bitcoin untuk investasi maupun menggunakannya untuk trading selama 24 jam dalam sehari, 365 hari dalam setahun, tanpa ada hari libur. Ini merupakan salah satu alasan mengapa banyak investor yang mengalihkan dananya ke aset kripto.

Berdasarkan data dari Bappebti, jumlah investor Bitcoin dan aset kripto lainnya sudah mencapai 4,2 juta. Jumlah ini mengalahkan angka investor saham. Bappebti sendiri menyebut bahwa aset kripto diperkirakan akan mengalami peningkatan jumlah investor selama beberapa tahun ke depan.

Teknologi Bitcoin Terus Berkembang

Sejak awal kemunculannya sampai hari ini, Bitcoin telah menunjukkan banyak sekali potensi. Sebagai mata uang, Bitcoin telah memfasilitasi transaksi lintas batas berbiaya rendah. Dari segi teknologi, Blockchain yang menjadi dasar Bitcoin telah diaplikasikan ke berbagai sektor industri. Selama hampir 12 tahun, Bitcoin telah menjelma dari kode-kode matematika menjadi sesuai yang bernilai.

Meski sudah banyak hal yang ditunjukkan oleh Bitcoin saat ini, banyak pakar percaya bahwa di masa depan Bitcoin masih akan terus berkembang. Tidak menutup kemungkinan Bitcoin akan menjadi alat tukar masa depan yang digunakan secara global. Dengan potensi yang menjanjikan, tidak heran jika banyak investor yang mulai melirik Bitcoin sebagai pilihan produk investasi.

Adopsi Bitcoin Terus Meningkat

Meski tidak bisa diketahui dengan pasti berapa jumlah adopter Bitcoin, jika melihat data dari pertukaran global seperti Blockchain.com dan Coinbase, ada setidaknya 100 juta pemilik Bitcoin saat ini. Angka ini merupakan hasil akumulasi selama bertahun-tahun sejak Bitcoin dirilis.

Peningkatan adopsi Bitcoin juga tidak hanya berasal dari kalangan individu. Adopter kelembagaan seperti perusahaan-perusahaan global juga mulai muncul dan jumlahnya semakin banyak. Square, salah satu perusahaan pembayaran asal Amerika Serikat baru-baru ini disebut membeli Bitcoin senilai $50 juta. Sementara Microstrategy, sebuah perusahaan publik di negara yang sama, mengkonversi cadangan uang mereka sebesar $425 juta ke dalam bentuk Bitcoin.

Ini merupakan beberapa bukti bahwa Bitcoin semakin menarik di mata publik. Menurut CEO solusi pembayaran aset kripto Metal Pay, Marshall Hayner, Bitcoin telah memasuki adopsi gelombang keempat. Setelah fase euforia, spekulasi dan utilitas, kini orang mulai membeli Bitcoin karena mereka menerima keberadaannya sebagai aset yang penting untuk dimiliki.

Baca juga: Mengenal Risiko Investasi Cryptocurrency dan Cara Menghindarinya

Sentimen Pasar Positif

Dengan jumlah adopter yang semakin banyak terutama dari lembaga dan perusahaan-perusahaan besar, bisa disimpulkan bahwa sentimen pasar terhadap Bitcoin masih positif. Menurut beberapa pakar, akan ada penurunan harga saat koreksi untuk Bitcoin. Di saat yang sama, banyak orang yang kemudian memanfaatkan momen ini untuk membeli Bitcoin dan memasuki pasar.

Meskipun keuntungan investasi Bitcoin cukup banyak, sebelum kamu terjun ke pasar, pastikan untuk memahami terlebih dahulu berbagai risikonya. Kamu bisa membeli Bitcoin atau aset kripto lainnya di aplikasi Pintu, download Pintu di sini.

Bagikan
Artikel Terkait

Aplikasi Jual/Beli Bitcoin dan Crypto.

Mudah. Praktis. Instan.

Download Aplikasinya sekarang
Terdaftar dan Diawasi
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.