Menguak Rahasia Meme Coin dari Pengertian Hingga Tips Berinvestasi!

Updated
May 23, 2023
• Waktu baca 7 Menit
Gambar Menguak Rahasia Meme Coin dari Pengertian Hingga Tips Berinvestasi!
Reading Time: 7 minutes

Apa itu Meme Coin?

volume meme coin meningkat
Sumber: Dune Analytics

Pada minggu awal bulan Mei 2023, pasar crypto mencatatkan bahwa volume perdagangan meme coin meningkat empat kali lipat hanya dalam 1 minggu saja, yakni dari $387 juta atau Rp5,7 triliun menjadi sebesar $2,3 miliar yang setara dengan Rp34 triliun, menurut data Dune Analytics.

Sebenarnya, apa itu meme coin?

Dilansir dari Investopedia, meme coin adalah jenis mata uang crypto yang terinspirasi dari meme internet dan sering kali bertema humor atau satir. Meme coin dirancang agar mudah dibuat dan memiliki kapitalisasi pasar yang rendah, sehingga dapat diakses oleh berbagai investor.

Telah hadir sejak lama, meme coin berhasil mencuri perhatian atau mendapatkan popularitas dan hype-nya pada tahun 2021, ketika selebritas seperti Elon Musk dan Mark Cuban mempromosikan Dogecoin, koin meme pertama, yang dibuat pada tahun 2013.

Setelahnya, Dogecoin menjadi referensi untuk meme yang dikenal sebagai “doge,” yang menampilkan foto anjing Shiba Inu yang lucu dengan teks yang menyertainya dalam bahasa Inggris yang dimaksudkan untuk mewakili pikirannya, mengutip dari Merav Ozair, seorang Profesor FinTech di Sekolah Bisnis Rutgers.

Baca juga: Pasar Memecoin Menurun, Bagimana Nasib Shiba Inu (SHIB)?

Kenapa Meme Coin Populer?

Membahas tentang kepopuleran meme coin, CoinMarketCap menyatakan bahwa meme coin mendapatkan popularitas karena keterkaitannya dengan meme internet dan budaya media sosial. Meme coin sering kali memiliki komunitas online yang kuat yang mendukung dan mempromosikannya, sehingga mempu meningkatkan permintaan dan nilainya.

Di sisi lain, Coinpedia mengatakan bahwa kepopuleran meme coin sebagian besar karena kemampuan mereka untuk menarik perhatian dan keterlibatan komunitas internet. Koin-koin ini sering kali memiliki nama, logo, dan maskot yang menarik yang mencerminkan meme populer atau referensi budaya.

Setelah ditelusuri, Elon Musk memberikan eksposur kepada Dogecoin untuk pertama kalinya melalui sebuah cuitan di Twitter pada tahun 2019, dengan mengatakan bahwa Dogecoin adalah mata uang crypto favoritnya.

Sementara itu, dilansir dari Rutgers Business School, awal mula dari kepopuleran meme coin dimulai setelah “saham meme” seperti GameStop (GME) dan AMC Entertainment (AMC) mengalami kenaikan harga hingga 100 kali lipat dalam beberapa bulan pada akhir tahun 2020 oleh komunitas Reddit yang disebut WallStreetBets.

Pada Januari 2021, sebuah grup Reddit bercanda tentang memompa harga DOGE untuk menciptakan crypto yang setara dengan GME. Ide tersebut mendapatkan momentum, seiring dengan pengaruh tweet CEO Tesla, Elon Musk, yang mendorong harga DOGE menguat.

Tak lama kemudian, beberapa pedagang kemudian beralih ke koin meme lain di pasar, seperti Shiba Inu (SHIB), yang sering disebut sebagai “Dogecoin Killer”. Investor ritel, yang takut kehilangan kesempatan (FOMO), mulai membeli koin meme dengan harapan menjadi jutawan dalam semalam, yang memicu reli koin meme lainnya.

Tidak hanya itu, alasan lain mengapa investor, terutama yang muda, menganggap koin meme menarik adalah karena harganya yang hanya beberapa sen atau bahkan sepersekian sen.

Karena koin-koin meme sangat murah, maka banyak trader dapat membeli ribuan atau bahkan jutaan token DOGE, SHIB, atau lainnya hanya dengan beberapa dolar.

Baca juga: Mengenal Sejarah Pepecoin, Memecoin Viral yang Sempat Melonjak 150% dalam 24 Jam!

Risiko dan Peluang Investasi Meme Coin

struktur pasar duopoli
Freepik

Mengutip Forbes, investasi Memecoin dapat menawarkan hasil yang tinggi, tetapi juga memiliki risiko yang cukup signifikan. Kapitalisasi pasar yang rendah dan kurangnya regulasi dapat membuat mereka rentan terhadap manipulasi harga dan skema penipuan.

Selain itu, volatilitas pasar mata uang crypto juga dapat membuat investasi dalam Meme coin berisiko, karena nilainya dapat berfluktuasi dengan cepat berdasarkan perubahan permintaan dan faktor pasar lainnya.

Dilaporkan dari media lokal Vietnam pada 16 Mei 2023, kasus nyata dari pernyataan tersebut dialami oleh Thanh Nam dari Vietnam, yang menjual setengah Bitcoin miliknya seharga $5.000 atau setara Rp74 juta untuk membeli meme coin PEPE yang sedang naik daun.

Baru-baru ini, Nam hanya mampu menjual koin tersebut dengan harga $2.000 atau Rp29 juga. Sedikit informasi, ketika harga Pepe Coin (PEPE) mencapai $0,000004 pada tanggal 5 Mei 2023, yang membuat kapitalisasi pasarnya menjadi $1,63 miliar atau Rp24 triliun, investasi awal Nam seharusnya dapat menghasilkan $7.000 atau Rp104 juta.

Namun, dikarenakan ia menginginkan lebih, jadi ia memutuskan untuk menunggu. Setelah menunggu satu minggu kemudian, harga Pepe Coin (PEPE) diketahui anjlok menjadi $0,0000017. Nam kemudian menjual tokennya dengan kerugian $3.000 atau Rp44 juta.

Terlepas dari risikonya, biasanya nilai dari meme coin seringkali dipengaruhi oleh komunitas online yang mendukungnya. Komunitas ini kerap kali membantu mempertahankan dan bahkan meningkatkan nilai coin.

Untuk meminimalkan risiko saat berinvestasi pada meme coin, penting untuk melakukan penelitian menyeluruh, dan mendiversifikasi portofolio.

5 Meme Coin Populer dan Paling Cuan Saat Ini

5 memecoin teratas
5 meme token teratas berdasarkan kapitalisasi pasarnya – CoinMarketCap (16/5/23)

Dogecoin (DOGE) – Rp148 Triliun

dogecoin doge
Forbes

Meme coin populer dan teratas nomor 1 berdasarkan kapitalisasi pasar di CoinMarketCap adalah Dogecoin (DOGE) dengan market cap yang menyentuh Rp148 triliun dan volume perdagangan yang mencapai Rp2,8 dalam waktu 24 jam terakhir (16/5/23).

Menjadi pelopor meme coin pertama yang pernah ada, Dogecoin (DOGE) diluncurkan pada tahun 2013. Per 15 Mei 2023, di saat kegilaan akan meme coin melonjak, transaksi harian Dogecoin (DOGE) dilaporkan meningkat hingga mencapai all time high-nya, yakni 650 ribu, melampaui transaksi Bitcoin (BTC) dan Litecoin (LTC).

transaksi dogecoin
Twitter

Shiba Inu (SHIB) – Rp76 Triliun

shiba inu shib
Economic Times

Mengekori DOGE, Shiba Inu (SHIB) menempati posisi ke-2 dengan market cap yang menyentuh Rp76 triliun, dan volume perdagangannya yang mencapai Rp1,3 triliun dalam waktu 24 jam terakhir (16/5/23).

Disebut sebagai “Dogecoin Killer”, Shiba Inu (SHIB) dibuat secara anonim pada Agustus 2020. Memiliki banyak komunitas, Shiba Inu kini tengah fokus pada perkembangan proyek Metaversenya yang bernama SHIB: The Metaverse, yang rumornya siap dirilis pada Desember 2023.

Baru-baru ini juga, sebuah laporan mengatakan bahwa 40% situs web di seluruh dunia dapat menerima pembayaran menggunakan Shiba Inu (SHIB), berkat integrasi dengan Binance Pay dan platform WordPress.

Pepe Coin (PEPE) – Rp9,8 Trilun

pepe coin pepe
Analytics Insight

Berhasil menyusul meme coin yang telah rilis sejak bertahun-tahun lamanya, Pepe Coin (PEPE), yang menonjolkan kerakter katak berwarna hijau ini telah mencuri perhatian komunitas dalam beberapa waktu terakhir. Mulai mendapatkan perhatian di bulan April 2023, PEPE mampu memposisikan dirinya di nomor 3 dalam kategori meme coin teratas berdasarkan nilai kapitalisasi pasar.

Saat ini, market cap Pepe Coin berada di sekitar Rp9,8 triliun, dengan volume perdagangan yang menyentuh Rp5,3 triliun dalam waktu 24 jam terakhir.

akumulasi whale pepe coin
whale Pepe Coin – LookOnChain

Viral dan ramai dibicarakan pada awal Mei 2023, per 4 Mei 2023, melalui sebuah cuitan, data on-chain dari LookOnChain menunjukkan bahwa salah seorang whale crypto menukar hampir semua aset dengan $PEPE coin.

Menariknya, perdagangan yang dilakukan sekitar 15 jam yang lalu tersebut secara kumulatif menghasilkan keuntungan lebih dari $1 juta atau setara dengan Rp14 miliar.

Floki (FLOKI) – 5 Triliun

floki inu floki
CoinChapter

Berada di belakang PEPE, Floki (FLOKI) menempati urutan ke-4 dengan market cap yang mencapai Rp5 triliun, dan volume perdagangan yang berada di sekitar Rp285 miliar dalam waktu 24 jam.

Mendapatkan momentum kegilaan meme coin, per 11 Mei 2023, Floki (FLOKI) mengumumkan kemitraan dengan ITTF World Table Tennis (WTT), yang menandai langkahnya memasuki dunia sponsor olahraga.

floki sponsor olahraga
Twitter

Lebih lanjut, aliansi strategis ini mengukuhkan posisi Floki sebagai sponsor resmi Final Kejuaraan Tenis Meja Dunia ITTF yang sangat ditunggu-tunggu, yang nantinya akan memperkenalkan proyek ini kepada audiens global yang luas dengan lebih dari 500 juta orang yang tersebar di berbagai wilayah di seluruh dunia.

Bone ShibaSwap (BONE)

bone shibaswap bone
NewsBTC

Di posisi ke-5, Bone ShibaSwap (BONE) hadir dengan market cap yang berada di sekitar Rp2,6 triliun, dan volume perdagangan yang menyentuh Rp70 miliar dalam waktu 24 jam terakhir.

Dilansir dari CoinMarketCap, Bone ShibaSwap (BONE) adalah token tata kelola pertukaran terdesentralisasi (DEX) ShibaSwap dengan fungsionalitas pemungutan suara. BONE memungkinkan komunitas Shiba Inu, juga dikenal sebagai Shib Army, untuk memberikan suara pada proposal yang akan datang, mengirimkan proposal, dan mengakses NFT di masa yang akan datang.

Twitter

Per 5 Mei 2023, Etherscan mencatat bahwa koin meme Bone ShibaSwap (BONE) telah mencapai tonggak sejarah baru, di mana BONE telah dipegang oleh total 83.111 pengguna.

Baca juga: BabyDoge Luncurkan Fitur Biaya Implementasi 0%, Investor Malah Lirik Smurfs Coin?

Tips Berinvestasi pada Meme coin

Minimal Investasi di Crypto

Agar berhasil berinvestasi pada Memecoin, penting untuk melakukan penelitian menyeluruh dan mengikuti perkembangan tren dan berita pasar. Lebih lanjut, berikut tips berinvestasi pada meme coin

  1. Lakukan Riset: Sebelum berinvestasi dalam meme coin atau cryptocurrency apa pun, penting untuk melakukan penelitian. Pelajari tentang teknologi di balik coin, tim pengembang, komunitas yang mendukungnya, dan rencana masa depannya.
  2. Pahami Risiko: Meme coin sangat volatile dan berisiko. Jangan pernah berinvestasi lebih dari yang kamu mampu untuk kehilangan, dan siapkan strategi sebelum membeli.
  3. Diversifikasi: Jangan menempatkan semua investasi kamu dalam satu meme coin atau bahkan dalam cryptocurrency secara keseluruhan. Diversifikasi portofolio kamu dapat membantu memitigasi risiko.
  4. Hati-hati dengan FOMO: FOMO, atau Fear of Missing Out, bisa memaksa kamu membuat keputusan investasi yang tidak bijaksana. Jangan biarkan hype atau ketakutan akan ketinggalan membuat kamu membuat keputusan tanpa rencana yang jangka panjang.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->