Nabung Bitcoin ala Dollar Cost Averaging (DCA)

Updated
September 10, 2020
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Nabung Bitcoin ala Dollar Cost Averaging (DCA)
Reading Time: 3 minutes

Namun, memprediksi pergerakan harga crypto tidaklah semudah yang dibayangkan karena volatilitas harga yang tinggi. Belum lagi ada kecenderungan emosi FOMO (rasa khawatir ketinggalan trend) yang menyebabkan investor membeli banyak aset saat harga melejit mahal mendekati puncak, bukan saat murah.

Jika kamu ingin investasi crypto tanpa khawatir pergerakan harga atau dipengaruhi emosi, kamu dapat mencoba strategi Nabung Rutin, atau Dollar Cost Averaging (DCA)!

Nabung Bitcoin ala Dollar Cost Averaging 1

Nabung Rutin adalah strategi investasi yang sangat mudah. Cukup beli crypto setiap minggu ataupun setiap bulan dengan nilai Rupiah yang sama, tanpa peduli harga crypto saat itu.

Nabung Bitcoin ala Dollar Cost Averaging 3

 

Sebagai contoh, cobalah lihat strategi membeli Bitcoin dengan nilai Rp 1.000.000 setiap bulan. Saat harga turun, kamu akan mendapat lebih banyak Bitcoin, dan sebaliknya saat harga naik, Bitcoin yang kamu dapat lebih sedikit.

Dengan strategi Nabung Rutin, kamu terhindar dari resiko membeli crypto terlalu banyak saat harga terlalu mahal. Kamu juga tidak perlu kuatir / pusing tentang volatilitas harga kripto.

Lalu Hasilnya Bagaimana?

Nabung Bitcoin ala Dollar Cost Averaging 2

Jika kamu mulai Nabung Rutin Bitcoin Rp 1.000.000/bulan saat harga Bitcoin berada di titik termahal / terburuk (Rp 266 juta di Desember 2017), maka pada 27 Agustus 2020, nilai Bitcoin kamu akan bernilai Rp 22.884.300, dari total investasi sebesar Rp 14.100.000.

Dengan kata lain, kamu masih untung 62.3% walaupun memulai investasi saat harga Bitcoin berada di puncak tertinggi!

Kesimpulannya, Nabung Rutin adalah strategi yang efektif, mudah, dan resikonya relatif lebih rendah dibandingkan dengan mencoba menebak harga. Investasi tidak perlu terburu – buru, apalagi emosional – yang penting adalah konsistensi.

Di Pintu, kamu bisa mulai Nabung Rutin, mulai dari Rp 55.000 per transaksi. Yuk, mulai dulu aja!

Disclaimer: Investasi aset cryptocurrency merupakan jenis investasi berisiko tinggi. Pihak Pintu tidak bertanggung jawab atas kerugian langsung, tidak langsung atau konsekuensial dari kompetisi trading. Harap lakukan investasi Anda dengan bijak.

Tentang Aplikasi Pintu

Pintu merupakan aplikasi termudah untuk investasi dan jual beli cryptocurrency. Aplikasi Pintu dikembangkan oleh PT Pintu Kemana Saja, perusahan rintisan (startup) yang didirikan di Jakarta pada tahun 2019.

Pintu menawarkan kemudahan bagi pengguna untuk investasi mata uang digital dengan desain aplikasi dan user interface yang praktis, simpel, dan tanpa ribet. Pengguna dapat menyimpan, mengirim, dan berdagang cryptocurrency seperti bitcoin, ethereum, dan lainnya secara instan melalui smartphone.

Aplikasi Pintu juga telah resmi berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, sehingga Pintu dijamin aman dan memiliki payung hukum yang jelas. Saat ini, Pintu telah terintegrasi dengan beberapa jaringan blockchain seperti Bitcoin, Ethereum, dan Binance Chain.

Kontak

Untuk kemitraan dan kerjasama lainnya, silakan kirim email ke [email protected] atau kunjungi https://pintu.co.id

Follow Sosial Media Pintu di:

Telegram: https://t.me/PintuIndonesia

Instagram: https://www.instagram.com/Pintu_ID

Twitter: https://twitter.com/PintuID

Facebook: https://cutt.ly/eyqWXl4

YouTube: https://bit.ly/pintu-youtube

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->