Nabung Rutin: Strategi Investasi Crypto yang Aman Cuan!

Updated
October 29, 2020
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Nabung Rutin: Strategi Investasi Crypto yang Aman Cuan!
Reading Time: 3 minutes

Bagi pemula yang baru terjun ke dunia investasi crypto, tentunya masih banyak yang bertanya tentang kapan waktu yang tepat untuk membeli crypto.

Sayangnya, memprediksi pergerakan harga crypto tidaklah semudah yang dibayangkan karena volatilitas harga yang tinggi. Belum lagi ada kecenderungan emosi FOMO (fear of missing out) yang menyebabkan investor justru membeli banyak aset saat harga melejit mahal mendekati puncak, bukan saat murah.

Untungnya, kini Pintu mengeluarkan fitur khusus yang dapat membantumu berinvestasi crypto secara konsisten dan tetap meraih keuntungan tanpa khawatir dengan volatilitas harga crypto, yaitu Fitur Nabung Rutin!

Apa Itu Nabung Rutin?

Secara umum, fitur nabung rutin mengacu pada strategi investasi Dollar Cost Averaging (DCA), yaitu strategi pembelian aset crypto (misalnya Bitcoin) secara rutin—baik dalam rentang waktu setiap minggu atau setiap bulan—dengan nominal Rupiah yang sama, tanpa mengkhawatirkan pergerakan harga crypto.

Singkatnya, dengan fitur nabung rutin, pengguna dapat membeli crypto secara konsisten agar dapat memperoleh untung dan menghindari risiko membeli crypto dalam jumlah besar ketika harganya terlalu tinggi.

Apakah Nabung Rutin bisa Memberikan Profit?

Sebagai ilustrasi, mari kita gunakan fitur Nabung Rutin untuk investasi Bitcoin.

Misalnya, cobalah untuk membeli Bitcoin senilai Rp 100.000 setiap minggu secara konsisten selama setahun dari Oktober 2019 – Oktober 2020. Ketika harga turun, kamu akan mendapat lebih banyak Bitcoin, dan sebaliknya saat harga naik, Bitcoin yang kamu dapat lebih sedikit.

Meskipun harga Bitcoin berfluktuasi, pengguna tetap bisa menjaga posisi profit karena pertumbuhan fundamental Bitcoin yang semakin baik. Hasilnya, dari total modal 5,3 juta Rupiah, nilai investasi BTC pengguna, sekarang bernilai 7,7 juta Rupiah, atau untung 48% dari modal awal! Keren, kan?

simulasi nabung rutin

Kesimpulannya, Nabung Rutin adalah strategi yang efektif, mudah, dan resikonya relatif lebih rendah dibandingkan dengan mencoba menebak harga. Investasi tidak perlu terburu – buru, apalagi emosional. Kuncinya adalah konsistensi.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Nabung Rutin?

Dengan fitur nabung rutin, pengguna dapat membuat jadwal rutin investasi crypto. Nantinya, Pintu akan otomatis mengirim pengingat dan notifikasi sesuai jadwal yang telah diatur. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk atur pengingat nabung rutin kamu!

  1. Kamu bisa mulai dengan mengecek harga crypto, misal kamu mengecek harga Bitcoin. Lalu akan muncul pilihan Nabung Rutin kemudian kamu klik Lihat Simulasi”. Kamu bisa memasukkan nominal tabungan kamu selama setahun dan melihat simulasi keuntungannya. Kamu bisa klik “rincian selengkapnya” untuk melihat lebih lengkap.
    simulasi nabung rutin
  2. Di dalam simulasi kalkulator nabung rutin, kamu bisa melihat performa strategi nabung rutin.
    simulasi nabung rutin
  3. Untuk membuat pengingat, kamu bisa klik “Buat Pengingat” pada tombol biru di bawah. Kamu bisa menentukan aset yang ingin dibeli lalu kapan saja ingin menabung, apakah setiap minggu? Atau setiap bulan? Kemudian tentukan setiap hari atau tanggal berapa kamu ingin diingatkan untuk menabung.
    simulasi nabung rutin
  4. Setelah itu pengingat nabung rutin akan terpasang di kalender kamu! Tidak perlu khawatir lupa nabung setiap habis gajian, karena fitur rutin nabung akan mengingatkan kamu!
    simulasi nabung rutin
    Nah, dengan fitur baru nabung rutin di aplikasi Pintu, jadi semakin mudah kan untuk berinvestasi? Yuk, mulai invetasi crypto sekarang dengan DOWNLOAD aplikasi Pintu. Setelah itu kamu bisa memulai investasi aset crypto mulai dari Rp 11.000!
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->