Pintu Blog
/
Berita
/
Susul El-Salvador, Panama Jadi yang Berikutnya Sahkan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran?

Susul El-Salvador, Panama Jadi yang Berikutnya Sahkan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran?

June 17, 2021
Combined Shape 2
2 Menit
Bagikan
Reading Time: 2 minutes

Beberapa hari lalu, El-Salvador telah resmi menjadi negara pertama yang melegalkan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Menyusul berita ini, beberapa negara lain di Amerika Latin ikut memberikan respon positif dan berencana untuk mengadopsi Bitcoin di negara mereka masing-masing. Di antara semuanya, Panama berpotensi menjadi negara berikutnya yang akan segera menyusul jejak El-Salvador.

Rencana Pengajuan RUU Kripto di Juli Mendatang

Pada 7 Juni lalu, anggota kongres Panama, Gabriel Silva, memang telah membagikan cuitan di Twitter mengenai dukungannya atas keputusan El-Salvador yang melegalkan Bitcoin sebagai alat pembayaran. Ia menyatakan niatnya untuk melakukan adopsi yang serupa di Panama. Namun tampaknya, rencana tersebut akan terealisasi jauh lebih cepat dari yang diduga.

Dilansir dari Coindesk, Silva sedang menyusun Rancangan Undang-Undang (RUU) khusus mengenai legalitas kripto yang akan ia ajukan di bulan Juli mendatang nanti.

Saat ini, timnya sedang mengumpulkan masukan dari berbagai pihak mulai dari pengacara, perusahaan yang bergerak di bidang kripto, pengguna Bitcoin hingga pegawai pemerintahan.

Mata Uang Panama

 

 

mata uang panama
(exchangerate.com)

Silvia menegaskan bahwa sistem konstitusi di Panama saat ini bisa membantu memfasilitasi penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran.

“Sistem konstitusi dari Panama sendiri sekarang tidak mengizinkan pemerintah untuk hanya menggunakan satu mata uang tertentu sebagai alat pembayaran yang sah,” jelasnya.

Mata uang Panama sendiri adalah Balboa, yang nilainya sekitar Rp14 ribu untuk 1 Balboa. Namun sejak 1904, Panama telah mengadopsi dolar Amerika Serikat yang juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran di Panama.

Panama Sebagai Negara “Surga Pajak”

Panama sendiri memiliki reputasi sebagai negara “Surga Pajak”, yang mana hanya memberikan kewajiban pajak yang sangat kecil atau bahkan tidak ada pajak sama sekali.

Berkaitan dengan insentif pajak kripto, Panama pun telah membangun skema khusus untuk menarik perusahaan kripto dengan menggunakan mekanisme izin kerja dan pembebasan pajak.

Di Mana Letak Panama?

dimana letak panama
(wordatlas.com)

Panama sendiri merupakan negara lintas benua yang terletak di Amerika Tengah serta berbatasan dengan Kolumbia di sisi tenggaranya dan Kosta Rika di sisi baratnya. Sementara sisi utaranya dikelilingi oleh Laut Karibia dan Samudera Pasifik di sisi selatannya.

Akankah Panama Melegalkan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran?

Silva mengungkapkan bahwa apabila ingin disetujui, maka RUU yang sedang dirancang saat ini harus memperoleh 36 dari total 71 suara di Majelis Rendah.

Di Mana Beli Bitcoin yang Aman?

Di Indonesia sendiri, Bitcoin dan beberapa aset kripto lainnya telah dilegalkan sebagai komoditi yang bisa diperdagangkan. Buat kamu yang tertarik untuk investasi maupun trading Bitcoin, download aplikasi Pintu sekarang! Mudah. Praktis. Aman serta telah terdaftar di Bappebti juga, lho.

Topics
Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.