Pintu Blog
/
Investasi 101
/
Pengertian, Tujuan, Keputusan, dan Teori Investasi Menurut Para Ahli

Pengertian, Tujuan, Keputusan, dan Teori Investasi Menurut Para Ahli

July 14, 2021
Combined Shape 2
2 Menit
Bagikan
Reading Time: 2 minutes

Aktivitas investasi semakin banyak dilakukan oleh masyarakat belakangan ini. Tahukah kamu, apa sebenarnya pengertian, tujuan, dan teori investasi menurut para ahli? Simak selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Berdasarkan pengertian investasi menurut para ahli, Haming dan Basmalah, investasi adalah pengeluaran untuk membeli berbagai jenis aset lain pada saat ini, seperti tanah, mobil, dan rumah.

Aset tersebut nantinya dapat dipakai dalam hal mencapai tujuan pendapatan atau keuntungan yang lebih besar di masa depan.

Sementara menurut Sadorno Sukino, investasi adalah suatu bentuk penanaman modal dan pengeluaran modal untuk meningkatkan produksi komoditas.

Produk ini nantinya akan digunakan oleh investor untuk pengembangan usaha di bidang ekonomi.

Selain investasi, dikenal pula istilah investor. Investor adalah individu atau lembaga yang menginvestasikan dananya pada suatu instrumen investasi tertentu dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga : Bongkar 3 Strategi Trading Bitcoin dari Investor Ternama Sillicon Valley

Teori Investasi Menurut Para Ahli

Tiap ahli memiliki teori investasinya sendiri-sendiri. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Teori Investasi 1 : Investasi untuk Pengembalian Positif

Investasi artinya menempatkan dana dalam jumlah besar untuk mempertahankan, meningkatkan nilai, atau memberikan pengembalian yang positif (Sutha, 2020).

Teori Investasi 2 : Investasi untuk Komoditas Tidak Dikonsumsi

Sementara itu, Lypsey berpendapat bahwa investasi saat ini adalah pengeluaran komoditas yang tidak dikonsumsi.

Menurut jangka waktunya, investasi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu investasi jangka pendek, investasi jangka menengah dan investasi jangka panjang.

Dalam hal ini, investasi dianggap sebagai kompensasi, yang mana terdapat sejumlah modal yang diinvestasikan dalam jangka waktu tertentu untuk memperoleh pendapatan masa depan yang diharapkan sebagai satu unit.

Unit investasi tersebut termasuk waktu yang dihabiskan, tingkat inflasi yang diharapkan dan ketidakpastian masa depan.

Teori Investasi 3 : Investasi untuk Produksi di Masa Depan

Menurut Mankiw, investasi mengacu pada pembelian (dan produksi) barang modal yang belum dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi di masa depan.

Tujuan Investasi Menurut Para Ahli

pengertian dan teori investasi menurut para ahli

Tujuan investasi adalah untuk menghasilkan pendapatan positif dan/atau mempertahankan atau meningkatkan nilainya.

Tujuan lainnya adalah harapan bahwa pemilik modal di masa depan dapat memperoleh manfaat dari investasi tersebut. (Gitman dan Joehnk, 2005).

Keputusan Investasi : Pengertian dan Tujuan

Dalam investasi, dikenal pula istilah keputusan investasi. Keputusan investasi adalah suatu kebijakan manajemen yang  penerapannya dalam hal penggunaan dana yang ada untuk suatu aset yang diharapkan dapat memberikan pendapatan di masa yang akan datang.

Keputusan investasi melibatkan proses pemilihan satu atau lebih instrumen investasi yang dianggap menguntungkan dari beberapa pilihan investasi yang tersedia bagi perusahaan maupun perseorangan.

Tujuan keputusan investasi adalah untuk mendapatkan tingkat keuntungan yang lebih tinggi dengan mengambil risiko-risiko tertentu.

Aplikasi Jual Beli Aset Kripto di Indonesia

Demam investasi aset kripto saat ini terlihat tidak akan berhenti dalam waktu dekat. Bahkan, jika diperhatikan lagi dari tahun ke tahun, tren ini terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Untuk kamu yang tertarik untuk melakukan jual beli aset kripto secara aman dan mudah, download aplikasi Pintu sekarang! Investasi hingga trading berbagai aset kripto bisa mulai dari Rp22.000 saja, lho.

Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.