Pintu Blog
/
Investasi 101
/
7 Psikologi Trading Crypto yang Wajib Kamu Miliki Supaya Cuan!

7 Psikologi Trading Crypto yang Wajib Kamu Miliki Supaya Cuan!

June 24, 2021
Combined Shape 2
3 Menit
Bagikan
Gambar 7 Psikologi Trading Crypto yang Wajib Kamu Miliki Supaya Cuan!
Reading Time: 3 minutes

Psikologi trading adalah salah satu hal penting yang harus dikuasai oleh trader agar bisa mengambil keputusan dengan efektif. Ada dua aspek yang berhubungan erat dengan psikologi saat trading, yaitu rasa rakus (greed) dan takut (fear). Trader dengan pengalaman yang minim sering kali dihadapi oleh kedua hal tersebut.

Biasanya, ketika seorang trader sedang berhasil meraup keuntungan dari satu transaksi, ia cenderung ingin bertransaksi lagi dan lagi demi mengantongi lebih banyak keuntungan. Cara demikian tentu berisiko, karena trader bisa saja bertindak terlalu cepat tanpa perhitungan yang matang. Ujungnya, alih-alih untung malah buntung.

Seorang trader profesional biasanya lebih dapat menguasai rasa rakus dan ketakutan tersebut agar tetap bisa konsisten, tenang, dan mengambil langkah dengan bijak saat bertransaksi. Tentu saja kemampuan ini tidak bisa diperoleh dalam semalam.

Menyiapkan kondisi mental jadi bagian penting untuk bisa sukses sebagai trader. Lantas, apa saja contoh psikologi trading yang bisa membantumu meraih keuntungan dan minim kerugian?

Contoh Psikologi Trader Sukses

cara menjaga psikologi trading

Ada 7 contoh psikologi trader sukses yang bisa kamu bangun dalam dirimu, termasuk saat hendak melakukan trading aset crypto. Apa saja contohnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Passion

Trading harus dilakukan karena kamu memang suka, bukan terpaksa. Saat kamu punya passion dalam trading, kamu bersemangat untuk mengulik semua hal sambil menunggu kapan waktu tepat untuk bertransaksi.

Berani

Sebagai pemula wajar kalau kamu masih ikut-ikutan gaya trading si A, B, C, dst. Namun, ini tidak boleh berlangsung lama. Kamu harus berani membangun sistem sendiri yang benar-benar cocok dengan gaya trading-mu.

Keyakinan

Saat mengalami kegagalan, sebaiknya kamu tidak terlalu lama berlarut-larut dalam kesedihan. Meratapi nasib akibat merugi cukup sesaat saja. Setelah itu, evaluasi langkah yang sebelumnya kamu lakukan, sebagai dasar pengambilan langkah yang lebih baik ke depannya.

Disiplin

Ketika kamu gagal, sebenarnya bukan berarti sistem yang telah kamu bangun itu salah. Disiplin menjalani sistem yang ada sambil memantau situasi menunjukkan usahamu bertahan dan bekerja keras.

Kerendahan hati

Akui jika memang kamu salah langkah atau ada bagian yang perlu diperbaiki. Mundur sejenak untuk melihat dari sudut pandang berbeda dan belajar dari kesalahan itu.

Stamina

Trading sesungguhnya pekerjaan yang penuh tekanan, seperti roller coaster yang bisa membuat otak, tubuh, hingga kondisi mental naik turun. Maka, punya stamina kuat penting agar kamu tetap bisa fokus dan konsisten setiap melakukan trading.

Profesionalisme

Trading adalah bisnis. Supaya cuan, kamu harus ikuti otak dan logika, bukan hati dan emosi semata. Tinggalkan emosimu saat trading atau karena emosi dapat menyeretmu kepada keputusan yang salah.

Baca juga : Strategi Investasi Crypto Mark Cuban, Dijamin Sukses!

Cara Menjaga Psikologi Trading

cara mengendalikan psikologi trading

Jika kamu ingin menjadi seorang trader sukses, kamu harus menguasai psikologi trading. Sebab tidak ada hal yang bisa mengacaukan trading lebih cepat daripada emosi, seperti rasa takut, rakus, penyesalan, hingga ekspektasi yang terlalu tinggi. Pertanyaannya, bagaimana cara melatih psikologi trading? Simak beberapa caranya di bawah ini!

Kosongkan Pikiran

Kamu harus fokus membaca berbagai data dengan pergerakan cepat. Oleh karenanya, hindari trading saat kamu sedang banyak pikiran, emosional, atau kelelahan.

Visualisasikan Tiap Proses dalam Trading

Ambil waktu dan bayangkan dirimu mengalami beberapa skenario. Trading bisa membuatmu impas, menang, atau kalah. Pahami ketiga hal tersebut dan pikirkan apa yang mungkin kamu rasakan secara psikologis jika berada dalam situasi tersebut.

Apa Alasan Kamu Trading?

Semakin jelas motivasi trading kamu, akan semakin kuat juga keinginan kamu untuk belajar trading dengan benar. Kamu pun akan semakin siap dengan berbagai kemungkinan skenario saat trading.

Buat Jurnal Pribadi

Membuat jurnal trading adalah cara terbaik untuk menelusuri kembali apa saja yang telah kamu lakukan selama trading. Dengan begitu kamu bisa semakin mengenal kelebihan dan kekurangan dirimu sendiri, sekaligus menemukan sendiri gaya trading yang cocok. Jadi, jangan ragu untuk menuangkan isi kepala saat proses trading berlangsung, baik dalam tulisan, voice note, atau video.

Demikian 7 psikologi trading Crypto yang wajib kamu miliki supaya cuan, berikut cara menanamkan semua aspek itu dalam diri kamu. Tertarik menekuni trading Crypto? Langsung saja cek Pintu, aplikasi jual beli dan investasi Bitcoin serta berbagai aset digital lainnya dengan harga final, tanpa komisi, dan sudah terdaftar resmi di BAPPEBTI.

Yuk, mulai trading Crypto hari ini dengan download aplikasi Pintu sekarang!

Author
Cornelia Lyman
Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.