Bagaimana cara menyesuaikan pengaturan gas fee?

Ketika kamu melakukan transaksi yang melibatkan pengiriman atau penerimaan aset crypto pada blockchain, kamu akan dikenakan biaya blockchain yang dikenal sebagai gas fee. Biaya ini dimanfaatkan untuk membayar validator blockchain agar memproses transaksi kamu.

Berikut beberapa istilah yang kamu temui ketika ingin mengatur gas fee:

  • Gas Fee: Gas fee adalah biaya total yang kamu bayarkan untuk menjalankan sebuah transaksi di jaringan blockchain. Gas fee tergantung pada dua faktor utama: gas price (dinyatakan dalam Gwei) dan gas limit.
  • Gwei: Gwei adalah unit yang digunakan untuk mengukur gas price di jaringan Ethereum. Gas price dinyatakan dalam Gwei. Semakin tinggi gas price dalam Gwei yang kamu tawarkan, semakin cepat transaksi kamu akan diproses oleh validator.
  • Maximal gas fee: jumlah gas fee tertinggi yang kamu bersedia bayar untuk sebuah transaksi. Jika gas fee terlalu rendah, transaksi kamu bisa tersendat atau bahkan tertahan di blockchain.
  • Limit gas: Limit gas adalah jumlah maksimum unit gas yang kamu tentukan untuk digunakan dalam satu transaksi. Ini menentukan seberapa kompleks atau besar transaksi yang dapat kamu lakukan.
  • Tip miner: Tip miner adalah jumlah tambahan yang dibayarkan kepada penambang (PoW) atau validator (PoS) sebagai insentif untuk memproses transaksi lebih cepat di jaringan blockchain.

Ketika kamu melakukan transaksi seperti mengirim aset crypto ke alamat wallet lain, kamu akan mendapatkan ringkasan transaksi sebelum melakukan konfirmasi pengiriman. Jika transaksi kamu ingin segera diproses, maka kamu bisa membayar lebih banyak dengan memilih ‚ÄėCepat‚Äô. Namun, jika kamu bersedia menunggu, tidak ada salahnya memilih ‚ÄėSedang‚Äô atau ‚ÄėLambat‚Äô, dengan gas fee yang lebih terjangkau. Hal ini karena kecepatan transaksi tergantung dari besaran gas fee yang kamu bayarkan.

Jika kamu ingin mengatur gas fee sendiri, kamu bisa klik ‚ÄėAtur Manual‚Äô‚Äô, lalu klik ‚ÄėCustom‚Äô.

Selanjutnya, kamu dapat tentukan sendiri jumlah maksimal gas fee, tip miner, dan limit gas.

Apakah artikel ini membantu?

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Pertanyaanmu belum terjawab?