Donald Trump Menyarankan Penggunaan Bitcoin untuk Membayar Hutang Nasional

Updated
August 3, 2024
Gambar Donald Trump Menyarankan Penggunaan Bitcoin untuk Membayar Hutang Nasional

Jakarta, Pintu News – Donald Trump, mantan Presiden AS, baru-baru ini mengusulkan penggunaan Bitcoin atau “cek crypto” untuk melunasi hutang nasional AS yang mencapai $35.000.000.000.000 dan menghindari krisis hutang yang mengancam.

Dalam wawancara dengan Maria Bartiromo dari Fox News, kandidat presiden 2024 dari GOP ini memuji industri crypto dan menegaskan bahwa jika Amerika tidak berinovasi di bidang aset digital, negara lain akan melakukannya.

Trump mengisyaratkan peran Bitcoin dalam menyelesaikan hutang nasional AS:

“Siapa tahu, mungkin kita akan membayar hutang nasional kita yang sebesar $35.000.000.000.000, memberikan mereka sedikit cek crypto, kan? Kita akan memberikan mereka sedikit Bitcoin dan menghapus hutang kita.”

Bitcoin Bisa Menyelamatkan Amerika dari Krisis Ekonomi

Ketika pemerintah AS terus merosotkan nilai dolar dengan mencetak lebih banyak mata uang untuk melunasi hutang yang sudah ada, harga Bitcoin terus naik dibandingkan dengan mata uang fiat.

Untuk memberikan perspektif, butuh sekitar 200 tahun bagi hutang nasional AS untuk mencapai $1.000.000.000.000 pertama. Saat ini, jumlah yang sama ditambahkan ke hutang nasional setiap tiga bulan akibat pengeluaran defisit.

Selama bulan Juni, sekitar 76% dari semua pendapatan pajak digunakan untuk membayar bunga hutang tersebut, menjadikan pembayaran bunga sebagai salah satu item terbesar dalam anggaran fiskal AS.

Baca Juga: Top 5 Memecoin Bertema Kucing di 2024

Bitcoin dapat menyelesaikan masalah ini dengan secara perlahan menyedot nilai dari sistem dolar AS saat ini ke dalam aset digital yang memiliki pasokan terbatas, menghindari kehancuran mata uang penuh yang mirip dengan Republik Weimar pada awal abad ke-20.

Usulan Senat untuk Cadangan Strategis Bitcoin

Senator Cynthia Lummis baru-baru ini memperkenalkan RUU untuk mendirikan cadangan strategis Bitcoin di Amerika Serikat guna mengatasi efek merugikan dari pencetakan uang yang berlebihan dan mempertahankan dominasi keuangan Amerika Serikat di pasar global dan perdagangan.

Senator dari Wyoming ini menetapkan tujuan bagi Departemen Keuangan AS untuk mengakuisisi 5% dari total pasokan Bitcoin, memegang aset terdesentralisasi yang langka ini setidaknya selama 20 tahun sebagai benteng melawan devaluasi moneter oleh bank sentral dan kebijakan fiskal yang buruk.

Baca Juga: 7 Meme Coin Terbaik di 2024 Beserta Keunggulannya

Lummis mengungkapkan RUU tersebut pada acara Bitcoin 2024, di mana Trump berjanji untuk mendirikan cadangan Bitcoin. Namun, hingga saat ini dia belum secara eksplisit mendukung pemerintah menggunakan BTC untuk menangani krisis hutang. “Jika kita tidak menerimanya, ini akan diterima oleh orang lain,” kata Trump. “Ini sudah menjadi hal yang besar.”

Pertarungan Politik: Trump vs. Harris

Komentar Trump memicu tanggapan dari kampanye Wakil Presiden Kamala Harris, yang menyoroti pernyataan Trump tentang Bitcoin di Twitter tanpa komentar. Sementara itu, Harris, yang sekarang mencalonkan diri melawan Trump dalam pemilihan 2024, hampir tidak memiliki riwayat berbicara tentang crypto. Meskipun beberapa Demokrat menyarankan dia akan lebih mendukung crypto dibandingkan Biden.

Trump juga mengkritik administrasi Biden yang sebelumnya memveto undang-undang pro-crypto dan mengusulkan pajak cukai 30% pada penambang Bitcoin, menjadikannya musuh bagi banyak Bitcoiner.

Trump menyebut orang-orang yang terlibat dengan crypto sebagai “sangat pintar” dan gerakan sekitarnya sebagai “bertingkat intelektual tinggi” — berbeda dengan lawan politiknya yang kurang menyukai industri ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->