ETF Ethereum Spot di AS Catat Aliran Bersih Positif Sebesar $104,8 Juta Sejak Diluncurkan!

Updated
August 13, 2024
Gambar ETF Ethereum Spot di AS Catat Aliran Bersih Positif Sebesar $104,8 Juta Sejak Diluncurkan!

Jakarta, Pintu News – ETF Ethereum spot di Amerika Serikat mengalami aliran bersih positif untuk pertama kalinya sejak diluncurkan pada 23 Juli 2024.

Menurut data dari SoSoValue, sembilan ETF spot Ethereum yang baru diluncurkan mencatatkan aliran bersih gabungan sebesar $104,8 juta selama minggu yang dimulai pada 5 Agustus 2024.

Angka ini merupakan pencapaian penting bagi ETF-ETF tersebut, yang secara kolektif diperdagangkan dengan total nilai $1,9 miliar, sehingga total aset bersih mereka mencapai $7,3 miliar per 9 Agustus 2024.

Meskipun Harga Ethereum Turun, Aliran Positif Tetap Terjadi

Sumber: SoSoValue

Aliran modal ini terjadi meskipun harga Ethereum, aset dasar dari ETF ini, mengalami penurunan tajam sebesar 23% sejak awal Agustus. Enam dari sembilan dana tersebut mencatatkan aliran bersih positif selama periode ini.

Baca juga: Rekomendasi Kripto Hari Ini (13/8/24): 5 Altcoin Melonjak Puluhan Persen, Nomor 1 Naik 30%

ETF unggulan adalah BlackRock’s iShares Ethereum Trust (ETHA), yang mencatatkan aliran masuk terbesar sebesar $188,4 juta. Sejak peluncurannya, dana BlackRock ini telah mengumpulkan lebih dari $900 juta dalam bentuk aset dan belum pernah mencatatkan aliran keluar.

Di sisi lain, ETF Ethereum Fidelity (FETH) menyusul sebagai performer terbaik kedua dengan aliran masuk $44,65 juta, sehingga total asetnya mencapai $342 juta.

ETF Lainnya dan Prospek ke Depan

ETF lainnya yang mencatat aliran masuk positif termasuk Grayscale’s Mini Ethereum Trust dengan $19,8 juta, VanEck Ethereum ETF (ETHV) dengan $16,6 juta, Bitwise Ethereum ETF (ETHW) dengan $11,7 juta, dan Franklin Ethereum ETF (EZET) dengan $3,7 juta.

Namun, 21Shares Core Ethereum ETF (CETH) dan Invesco Galaxy Ethereum ETF (QETH) melaporkan tidak ada aliran bersih selama minggu tersebut.

Secara keseluruhan, aliran masuk bisa lebih tinggi jika tidak ada aliran keluar sebesar $180 juta dari Grayscale’s Ethereum Trust (ETHE), yang berkontribusi pada aliran keluar total $406,4 juta dari semua sembilan dana tersebut.

Baca juga: Biaya Gas Median Ethereum Turun ke Level Terendah dalam 5 Tahun, Apa Penyebabnya?

Penurunan Tingkat Pembakaran ETH

Selain itu, jaringan Ethereum juga mencatat penurunan signifikan dalam tingkat pembakaran ETH, mencapai level terendah yang tercatat tahun ini.

Pada hari Sabtu, hanya 210 ETH yang dibakar—angka terendah untuk tahun ini, dibandingkan dengan 5.000 ETH yang dibakar pada 5 Agustus ketika biaya gas melonjak menjadi sekitar 100 gwei.

Penurunan tingkat pembakaran ini telah menyebabkan peningkatan inflasi jaringan, dengan emisi bersih ETH lebih dari 2.000 ETH pada hari yang sama.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CoinStats

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->