Ripple: Mungkinkah Menjadi Bank Sendiri? Peran XRP dalam Merevolusi Transaksi Lintas Batas!

Updated
August 15, 2024
Gambar Ripple: Mungkinkah Menjadi Bank Sendiri? Peran XRP dalam Merevolusi Transaksi Lintas Batas!

Jakarta, Pintu News – Ripple telah lama menjalin kemitraan dengan lembaga keuangan untuk mengadopsi sistem pembayaran berbasis XRP. Mitra-mitra ini termasuk lembaga transfer uang seperti MoneyGram, bank global seperti Santander Spanyol, dan penyedia solusi pembayaran seperti Clear Junction Inggris. Namun, bagaimana jika Ripple menghilangkan semua perantara ini dan memulai jalan untuk menjadi penyedia layanan keuangan utama?

Ripple Payments Direct: Jalan Menuju Bank Sendiri

Seperti yang dicatat oleh salah satu anggota ekosistem XRP di X, perusahaan ini sudah memiliki cetak biru untuk menjadi banknya sendiri, dalam bentuk Ripple Payments Direct (RPD).

Menurut situs webnya, RPD memungkinkan pengguna untuk terhubung ke Ripple “sebagai penyedia pembayaran.”

Lebih lanjut dijelaskan: “Dengan menggunakan Ripple Payments Direct, Anda memiliki pengaturan keuangan langsung dengan Ripple untuk layanan pembayaran fiat lintas batas. Ripple menangani pengiriman pembayaran kepada penerima, mengelola mitra pembayaran, menyediakan dana kepada mitra pembayaran, dan membayar biaya sebagai imbalan atas pengiriman pembayaran kepada penerima.”

Selain itu, RPD menghilangkan kebutuhan pengguna untuk membeli, menjual, atau menyimpan XRP, menghilangkan hambatan masuk bagi yang skeptis terhadap kripto.

Baca Juga: PancakeSwap Wallet: Cara Menghasilkan Pendapatan Pasif dengan PancakeSwap Wallet

Cara Kerja Ripple Payments Direct

Pada dasarnya, RPD memiliki 3 komponen: pengirim, Ripple, dan penerima, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Pengirim adalah pengguna mana pun yang ingin mengirim uang melalui jaringan yang cepat, murah, dan efisien. Pengirim ini memasukkan instruksi pembayaran ke jaringan melalui Ripple Payments UI, yang telah dioptimalkan agar intuitif, memungkinkan bahkan pengguna non-kripto untuk mengaksesnya.

Setelah pembayaran dimulai, jaringan menunjukkan kepada pengirim semua peristiwa penting dan perubahan status saat pembayaran tersebut berjalan melalui berbagai siklus hidup. Setelah sampai ke penerima, RPD menambahkan transaksi pembayaran ke faktur pengirim.

RPD memiliki beberapa fitur penting yang menjadikannya pilihan yang layak. Yang pertama adalah pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan sebelumnya tentang kripto; bahkan, pengguna tidak perlu tahu bahwa mereka mengandalkan blockchain atau kripto.

Fitur lainnya adalah Ripple telah bermitra dengan beberapa mitra pembayaran untuk menjamin pengiriman pembayaran jarak jauh pada jalur pembayaran yang dioptimalkan untuk mencapai penerima. Ripple juga telah membangun solusi agar sesuai dengan setiap peraturan lokal dan nasional di setiap yurisdiksi tempatnya beroperasi. Terlebih lagi, jika transaksi gagal pada percobaan pertama, RPD memiliki fitur coba lagi otomatis.

Penggunaan Ripple Payments Direct

RPD sudah digunakan secara global, dengan penggajian menjadi salah satu kasus penggunaan teratas. Setelah pemberi kerja memulai pembayaran kepada karyawan atau kontraktor dan menyetor dana dalam mata uang lokalnya, RPD mengubah dana tersebut ke mata uang pilihan penerima.

Manajemen likuiditas untuk anak perusahaan lokal dan internasional serta pembayaran kepada vendor dan pemasok juga telah muncul sebagai kasus penggunaan yang kuat.

Kesimpulan

Ripple Payments Direct menawarkan solusi inovatif untuk pembayaran lintas batas, menghilangkan kebutuhan akan perantara dan mengurangi biaya. Dengan fitur-fiturnya yang ramah pengguna, kepatuhan terhadap peraturan, dan jangkauan global, RPD berpotensi untuk merevolusi cara bisnis melakukan pembayaran internasional.

Baca Juga: MoonTaurus (MNTR) Meledak! Pakar Prediksi Keuntungan Besar di Tahun 2024 dan 2025

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->