DeFi Bangkit Kembali: Aave Catat Rekor Tertinggi dalam Jumlah Peminjam Mingguan!

Updated
August 16, 2024
Gambar DeFi Bangkit Kembali: Aave Catat Rekor Tertinggi dalam Jumlah Peminjam Mingguan!

Jakarta, Pintu News – Protokol keuangan terdesentralisasi nampaknya menunjukkan tanda-tanda pemulihan, dengan platform peminjaman dan pinjaman Aave yang mencatat rekor tertinggi baru dalam jumlah peminjam aktif mingguan.

Kira-kira, apa faktor dibalik tanda-tanda pemulihan ini? Simak selengkapnya hingga akhir.

Pertumbuhan Aave Didukung oleh Pasar Peminjaman Baru

Pada tanggal 14 Agustus, pendiri Aave, Stani Kulechov, melaporkan bahwa protokol tersebut telah mencapai sekitar 40.000 peminjam aktif mingguan, melampaui rekor sebelumnya yang dicapai pada akhir 2022.

Baca juga: USDC Siap Guncang Dunia Pembayaran dengan Fitur Tap-and-Go Melalui NFC di iPhone!

Data menunjukkan bahwa pertumbuhan ini didorong oleh munculnya pasar peminjaman baru seperti Base dan Scroll. Saat ini, Base mewakili hampir 30% dari total dompet unik di Aave V3, menurut analitik dari Dune.

Platform Layer-2 lainnya seperti Arbitrum dan Polygon menempati posisi kedua dan ketiga, dengan masing-masing memiliki 23,4% dan 21% dari dompet Aave.

Selain itu, Kulechov mencatat bahwa jumlah deposan mingguan di platform hampir mencapai tingkat puncak. Menurut Dune Analytics, jumlah deposan Aave meningkat tajam pada awal bulan ini.

Aave, yang merupakan platform terdesentralisasi yang beroperasi di 12 chain, berspesialisasi dalam pinjaman yang membutuhkan agunan berlebih. Pengguna dapat menyetor kripto untuk mengambil pinjaman, dengan proses yang diotomatisasi melalui smart contract.

Total Nilai Terkunci (TVL) Aave Meningkat Signifikan

Aave saat ini merupakan protokol DeFi terbesar ketiga dalam hal total nilai terkunci (TVL), dengan TVL yang dilaporkan sebesar $11,85 miliar menurut DeFiLlama.

Meskipun TVL protokol telah meningkat sebesar 70% sepanjang tahun ini, angkanya masih lebih rendah dibandingkan puncaknya sekitar $20 miliar pada Oktober 2021. Pertumbuhan ini menunjukkan pemulihan yang signifikan dalam ekosistem DeFi, meskipun masih ada jarak yang harus ditempuh untuk kembali ke puncak sebelumnya.

Lebih lanjut, pertumbuhan TVL dan jumlah peminjam aktif di Aave menandakan kembalinya minat pada protokol DeFi setelah periode penurunan. Ini mencerminkan tren yang lebih luas di mana ekosistem DeFi secara keseluruhan telah mendapatkan momentum kembali, dengan TVL yang meningkat 40% sepanjang tahun ini hingga mencapai $90 miliar.

Baca juga: Pyth Network Bermitra dengan TON untuk Penyediaan Data DeFi Real-Time

DeFi Mengalami Kebangkitan

Narasi yang berkembang di kalangan komunitas kripto menunjukkan bahwa DeFi sedang mengalami kebangkitan kembali.

Pendiri Defiance Capital, Arthur Cheong, mengomentari pertumbuhan Aave di media sosial, menyatakan bahwa ada ketidaksesuaian antara pertumbuhan dan valuasi, yang menciptakan peluang investasi yang menarik.

Selain itu, pada awal Agustus 2024, pinjaman aktif di DeFi telah kembali ke tingkat yang tidak terlihat sejak awal 2022, yaitu sekitar $13,3 miliar.

Meskipun pasar mengalami koreksi baru-baru ini, kebangkitan DeFi menunjukkan potensi besar bagi para investor dan pengguna dalam ekosistem ini.

Dengan protokol seperti Aave yang terus berkembang dan mencatat rekor baru, masa depan DeFi tampaknya semakin cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->