Celestia (TIA) Luncurkan Roadmap Proyek dan Memperkenalkan Proposal Blok 1 Gigabyte!

Updated
September 7, 2024
Gambar Celestia (TIA) Luncurkan Roadmap Proyek dan Memperkenalkan Proposal Blok 1 Gigabyte!

Jakarta, Pintu News – Celestia, blockchain modular untuk penyimpanan data rollup, baru saja mengumumkan roadmap-nya, mengisyaratkan kemungkinan hadirnya blok 1 gigabyte. Hal ini adalah langkah maju yang besar bagi proyek yang akan melihat peningkatan signifikan dalam kapasitas produktivitasnya.

Lebih lanjut, peningkatan ini diterjemahkan menjadi tujuan penskalaan ambisius yang menempatkan Celestia di atas kemampuan pemrosesan transaksi penyedia pembayaran elektronik Visa.

Secara paralel, token TIA, sumber daya utama infrastruktur, juga akan menghadapi tantangan signifikan di masa mendatang.

Roadmap Celestia: Penskalaan dan Blok 1 Gigabyte

Celestia, jaringan ketersediaan data L1, telah mengumumkan roadmap-nya yang menyatakan niatnya untuk memperluas kapasitas penyimpanan bloknya menjadi 1 gigabyte.

Baca juga: Pengembang Terra Luna Classic Segera Hadirkan Tax2Gas, Harga LUNC dan USTC Bakal Naik?

Setelah mengerjakan 24 proposal peningkatan (CIP) dan menyelenggarakan 16 panggilan di antara kontributor kode utama, Celestia telah menguraikan roadmap-nya.

Para pengembang proyek, sambil mempersiapkan pembaruan “Lemongrass” yang akan membawa TIA pada rantai IBC, sedang mengerjakan tujuan skalabilitas.

Tujuan utamanya adalah untuk membawa distribusi aplikasi produktivitas tinggi pada Mesin Virtual apa pun, dan tidak hanya pada Ethereum.

Blok 1 GB untuk Membangun Apapun

Langkah besar pertama untuk memperluas skalabilitas Celestia, seperti yang disajikan dalam roadmap, adalah meningkatkan ukuran bloknya.

Dengan kapasitas 1 gigabyte, jaringan akan memperkenalkan peningkatan besar dalam produktivitas dalam manajemen dan penyimpanan data untuk rollup.

Diperkirakan secara khusus bahwa dengan blok tersebut, potensi pemrosesan celestia akan lebih besar daripada yang saat ini diizinkan oleh Visa. Sebagai gambaran, penyedia pembayaran elektronik menangani sekitar 24.000 transaksi per detik (TPS).

Untuk mencapai target ini, Celestia mengimplementasikan serangkaian inovasi teknis, termasuk konten yang dapat dialamatkan Membrool, blok ringkas, optimasi propagasi blok CometBFT, dan node sharding internal.

Kekuatan semacam ini akan memungkinkan pengembangan semua jenis aplikasi terdesentralisasi yang memerlukan penggunaan data eksternal, membuka potensi sebenarnya dari blockchain. Seperti yang dinyatakan oleh Celestia sendiri dalam posting blognya:

“Ini membuka aplikasi dan kemampuan onchain yang sebelumnya dianggap tidak dapat dicapai, seperti aplikasi Web yang dapat diverifikasi dan game yang sepenuhnya onchain”.

Roadmap Proyek dalam 3 Poin Utama

Sumber: Celestia

Roadmap Celestia, dengan proyek yang bertujuan untuk mengembangkan blok 1 gigabyte, dibagi menjadi 3 alur kerja utama.

Baca juga: Celestia (TIA): Prediksi Harga Celestia 2024-2050 yang Menjanjikan di Masa Depan!

Yang pertama menyangkut tujuan mengubah ukuran throughput DA, melalui penciptaan ekosistem dengan ruang blok yang melimpah. Untuk dapat menyimpan blok sebesar itu, Celestia membutuhkan optimasi jaringan konsensus untuk memastikan kinerja maksimum.

Kemudian, untuk membuka sampling yang lebih signifikan, infrastruktur modular harus meningkatkan jaringan ketersediaan datanya. Faktanya, target platform adalah untuk memungkinkan eksekusi node pada perangkat berkinerja rendah atau pada dompet di latar belakang.

Poin kunci kedua dari roadmap menyangkut pengembangan ruang kosong yang dapat diverifikasi, di mana siapa pun di perangkat apa pun dapat menawarkan kontribusinya.

Melalui apa yang disebut “node ringan”, pengguna dapat langsung memverifikasi sendiri kebenaran ruang blok yang dilindungi oleh Celestia. Ini meningkatkan keamanan mereka dan mengurangi ketergantungan pada komite pihak ketiga atau infrastruktur terpusat.

Selain itu, meminimalkan kebutuhan untuk memberikan kepercayaan pada badan eksternal, menawarkan jaminan yang lebih besar.

Poin fokus terbaru dari roadmap Celestia menyangkut penghapusan gesekan di ruang blok untuk pengembang dan pengguna rollup. Pada gilirannya, target ini dibagi menjadi 3 sub-target, yang berorientasi pada kebebasan streaming sumber daya, pengalaman pengembangan, dan transmisi data.

Sederhananya, untuk membatasi gesekan dalam fase penyimpanan dan penggunaan blok, Celestia bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas antara rollup, mencapai pengalaman UX yang menyenangkan, dan menskalakan blob streaming data.

Pada akhirnya, dengan roadmap ini, jaringan modular memiliki banyak hal untuk dikerjakan untuk masa depan pengembangan dApp berkinerja tinggi.

Pintu kini telah hadir dalam versi web trading crypto. Daftar akun dan login Pintu untuk memanfaatkan fitur trading terlengkap, likuiditas tinggi dan biaya trading terendah. Cek kurs BTC/IDRETH/IDRSOL/IDR dan aset crypto lainnya secara mudah di Pintu Pro Web.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->