Bank Sentral Brasil Pilih Visa dan Santander untuk Fase Kedua Uji Coba CBDC!

Updated
September 7, 2024
Gambar Bank Sentral Brasil Pilih Visa dan Santander untuk Fase Kedua Uji Coba CBDC!

Jakarta, Pintu News – Bank Sentral Brasil (Banco Central do Brasil) baru saja mengumumkan 13 peserta yang akan terlibat dalam fase kedua uji coba mata uang digital bank sentral (CBDC), yang dikenal sebagai Real Digital.

Fase ini sangat penting dalam menguji infrastruktur dan layanan keuangan berbasis smart contract yang akan digunakan dalam platform uji coba Drex.

Menurut beberapa laporan, proses seleksi ini sangat ketat, dengan hanya 13 proyek yang dipilih dari 42 proposal yang diajukan.

Beberapa perusahaan besar seperti Visa dan Santander telah dipilih untuk berpartisipasi dalam pengembangan dan pengujian infrastruktur tersebut.

Infrastruktur dan Fokus Fase Kedua

visa loyalitas program web3
Sumber: PYMNTS

Fase kedua uji coba Real Digital akan dimulai dalam beberapa minggu mendatang, dengan fokus utama pada pengujian cara kerja layanan keuangan di platform Drex.

Baca juga: Mastercard Gandeng Mercuryo untuk Luncurkan Kartu Pembayaran Kripto Tanpa Kustodian!

Layanan ini akan diimplementasikan menggunakan kontrak pintar yang dikelola oleh pihak ketiga. Ini adalah bagian penting dari proyek yang akan menguji solusi privasi, serta tata kelola dan implementasi dalam ekosistem CBDC.

Visa dan XP Investimentos akan berfokus pada optimalisasi pasar valuta asing, sementara Banco Inter akan menangani pembiayaan perdagangan internasional. Selain itu, perusahaan seperti Itaú Unibanco, Bradesco, serta raksasa teknologi seperti Microsoft dan Google, juga terlibat dalam fase ini.

Beberapa tema utama yang akan diuji dalam fase ini termasuk kolateral kredit dalam bentuk CDB (Sertifikat Deposito Bank), optimasi pasar valuta asing, dan pembiayaan perdagangan internasional. Agribisnis dan transaksi properti juga akan menjadi fokus pengujian lebih lanjut.

Regulasi Kripto yang Makin Kuat di Brasil

regulasi kripto brasil
Sumber: Forbes India

Selain mengembangkan CBDC, Brasil juga memperkuat regulasi terkait kripto.

Pada Juni 2023, pemerintah Brasil memperkenalkan hukum baru yang disebut Kerangka Hukum untuk Aset Virtual yang bertujuan untuk mengatur aktivitas perusahaan kripto. Bank Sentral Brasil kini bertanggung jawab memastikan bahwa perusahaan kripto mematuhi regulasi ini.

Peraturan perpajakan juga menjadi perhatian utama pemerintah. Pada Juni 2023, otoritas pajak Brasil meminta pertukaran kripto asing untuk menjelaskan operasinya di negara tersebut, seiring meningkatnya jumlah aset kripto yang dimiliki warga Brasil, mencapai lebih dari $246 miliar pada tahun 2023.

Popularitas dompet digital juga meningkat tajam di Brasil, di mana hampir setengah dari konsumen menggunakan dompet digital untuk bertransaksi.

Baca juga: Bank Swiss ZKB Luncurkan Layanan Perdagangan Bitcoin dan Ethereum!

Menariknya, generasi tua seperti baby boomer juga menunjukkan adopsi yang tinggi dalam penggunaan dompet digital untuk pembelian online, mengalahkan generasi muda dalam beberapa kasus.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, partisipasi Visa dan Santander dalam fase kedua uji coba Real Digital menunjukkan kemajuan signifikan dalam pengembangan CBDC Brasil.

Dengan dukungan perusahaan-perusahaan besar dan regulasi yang makin kuat, Brasil tampaknya berada di garis depan dalam inovasi pembayaran digital berbasis kripto.

Pintu kini telah hadir dalam versi web trading crypto. Daftar akun dan login Pintu untuk memanfaatkan fitur trading terlengkap, likuiditas tinggi dan biaya trading terendah. Cek kurs BTC/IDRETH/IDRSOL/IDR dan aset crypto lainnya secara mudah di Pintu Pro Web.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->