Airdrop Token: Harapan Palsu atau Jalan Menuju Kekayaan?

Updated
September 27, 2024

Jakarta, Pintu News – Airdrop token, strategi yang populer sejak 2017 untuk mendistribusikan token dan membangkitkan antusiasme awal, semakin menghadapi tantangan. Terlepas dari kegembiraan awal, sebuah studi baru oleh KeyRock Trading menyoroti bahwa ada penurunan kinerja token segera setelah listing.

Kinerja Token Airdrop yang Menurun

Studi yang menganalisis 62 airdrop di enam jaringan blockchain sepanjang tahun 2024, menggambarkan gambaran yang suram tentang efektivitas kampanye ini. Terutama, setelah 90 hari, 88,7% dari token yang dianalisis menunjukkan penurunan harga, dengan hanya sedikit yang menunjukkan ketahanan.

Baca Juga: 3 Trik Rahasia Hamster Kombat untuk Meraih Diamond Terbanyak di Musim Interlude!

Airdrop Besar Cenderung Bertahan

Lebih lanjut, laporan KeyRock juga menyelidiki peran strategi distribusi token. Laporan tersebut mengkategorikan airdrop berdasarkan persentase total pasokan token yang didistribusikan – kecil (kurang dari 5%), sedang (lebih besar dari 5% tetapi kurang dari atau sama dengan 10%), dan besar (lebih dari 10%). Temuan menunjukkan bahwa ukuran airdrop dapat secara signifikan memengaruhi reaksi pasar awal dan kelangsungan jangka panjang.

Airdrop: Sebuah Strategi yang Memudar?

Meskipun airdrop dulunya dianggap sebagai cara yang efektif untuk membangun komunitas dan meningkatkan kesadaran proyek, studi KeyRock menunjukkan bahwa strategi ini mungkin kehilangan efektivitasnya. Penurunan kinerja token yang cepat dan dominasi airdrop besar menimbulkan pertanyaan tentang nilai jangka panjang dari pendekatan ini.

Kesimpulan: Waspadalah Terhadap Airdrop

Airdrop mungkin tampak seperti cara yang mudah untuk mendapatkan token gratis, tetapi penting untuk diingat bahwa sebagian besar token ini mengalami penurunan nilai yang cepat. Sebelum berpartisipasi dalam airdrop, penting untuk melakukan riset dan memahami risiko yang terlibat.

Baca Juga: Shiba Inu: Lonjakan Aktivitas Whale Shiba Inu Dapat Picu Rally 7.000%, Ini Targetnya!

Pintu kini telah hadir dalam versi web trading crypto. Daftar akun dan Pintu untuk memanfaatkan fitur trading terlengkap, likuiditas tinggi, dan biaya trading terendah. Cek kurs BTC/IDR, ETH/IDR, SOL/IDR dan aset crypto lainnya secara mudah di Pintu Pro Web.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Topik
Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->