Harga Bitcoin Berpotensi Mencapai Rekor Tertinggi Baru di Oktober 2024? Ini Analisisnya!

Updated
October 2, 2024

Jakarta, Pintu News – Bulan Oktober secara historis menjadi salah satu bulan terbaik bagi Bitcoin, dengan potensi kenaikan harga yang signifikan. Tren historis ini menunjukkan bahwa mata uang kripto terkemuka ini dapat mencapai $80.000, melampaui rekor tertinggi sebelumnya di $73.000. Namun, jalan menuju rekor tertinggi baru mungkin tidak semudah yang diharapkan.

Tren Historis Menunjukkan Kenaikan Harga Bitcoin

Harga Bitcoin diperkirakan akan mencapai rekor tertinggi baru bulan ini, dengan tren historis menunjukkan hal ini akan terjadi. Mata uang kripto terkemuka ini ditutup pada bulan September dengan kenaikan harga sebesar 7%. Data Coinglass menunjukkan bahwa Bitcoin telah mencatat pengembalian bulanan yang positif dalam tiga bulan terakhir tahun ini, tiga kali hal ini terjadi.

Lebih lanjut, platform Bitcoin X yang terkemuka, BTC Archive, membagikan data yang menunjukkan bahwa mata uang kripto terkemuka ini dapat naik hingga $80.000 setelah bulan September yang hijau. Bitcoin telah menikmati keuntungan rata-rata 25,81% di bulan Oktober setelah candle hijau September. Berdasarkan hal ini, BTC dapat mencapai $80.500 jika mereplikasi keuntungan rata-rata ini.

Sementara itu, perusahaan perdagangan QCP Capital mencatat bahwa harga Bitcoin telah menikmati keuntungan rata-rata 22,9% di 8 dari 9 bulan Oktober terakhir. Kenaikan harga yang serupa akan mengirim BTC di atas $78.000, jauh di atas rekor tertinggi saat ini di $73.000. Perusahaan perdagangan tersebut juga mengutip faktor-faktor lain yang mendukung mata uang kripto ini mencapai rekor tertinggi baru.

Pendiri 10x Research, Markus Thielen, juga memperkirakan bahwa BTC akan segera merebut kembali $70.000 dan mencapai rekor tertinggi baru pada akhir Oktober. Analis tersebut mengutip meningkatnya likuiditas stablecoin dan kebijakan pelonggaran moneter China sebagai faktor yang dapat memicu kenaikan harga ini di atas $73.000.

Baca Juga: 4 Altcoin Terbaik untuk Dibeli Sekarang: Raih Keuntungan 100x dengan Investasi $10!

Jalan Menuju Rekor Tertinggi Baru Tidak Akan Mudah

Meskipun harga Bitcoin kemungkinan akan mencapai rekor tertinggi baru bulan ini, reli di atas $73.000 tidak akan mudah. Menurut analisis CoinGape, BTC kemungkinan akan terkoreksi setelah turun di bawah level support penting $65.000. Analisis tersebut lebih lanjut memperkirakan bahwa mata uang kripto terkemuka ini dapat mengunjungi kembali $61.000 karena koreksi harga ini.

Hal ini telah terjadi sebagian berkat meningkatnya konflik antara Israel dan Iran. Harga Bitcoin dengan cepat mendekati level harga psikologis $60.000. Namun, analis kripto Ali Martinez menyatakan ini hanyalah “sedikit guncangan sebelum penembusan.” Analis tersebut sebelumnya telah menguraikan skenario di mana mata uang kripto terkemuka ini turun hingga $57.000 sebelum menembus ke arah $78.000.

Platform analitik on-chain Santiment juga menyarankan bahwa setiap retracement harga akan menjadi bullish untuk harga Bitcoin dan pasar kripto yang lebih luas. Platform tersebut menyatakan bahwa sentimen bullish saat ini dari masyarakat terhadap BTC menunjukkan probabilitas tinggi untuk pasar. Sentimen bullish ini dapat berubah karena konflik Israel Iran sudah memicu gelombang aksi jual. Santiment memperkirakan bahwa pasar bull akan segera dimulai setelah FOMO berubah menjadi FUD.

Ketegangan Israel Iran saat ini memengaruhi reli pasar kripto dan memberikan tekanan ke bawah pada harga. Namun, pasar dapat dengan mudah berbalik begitu ketegangan di Timur Tengah mereda. Perlu disebutkan bahwa September dimulai dengan catatan yang sama karena harga Bitcoin mengalami penurunan 10% pada minggu pertama sebelum memulai reli 26% menjadi $65.000.

Penutup

Meskipun jalan menuju rekor tertinggi baru tidak akan mudah, tren historis dan faktor-faktor fundamental menunjukkan bahwa Bitcoin memiliki potensi untuk mencapai $80.000 bulan ini. Namun, investor harus menyadari kemungkinan koreksi harga dan bersiap untuk volatilitas.

Baca Juga: Akankah Shiba Inu Mengulang Lonjakan 3 Digit Bersejarahnya Oktober 2024 Ini?

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.

*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Topik
Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->