Solana Crypto News: Pakar Teknologi Sebut Solana ‘Centralized’, Gimana Nasib Harga SOL?

Updated
October 3, 2024
Gambar Solana Crypto News: Pakar Teknologi Sebut Solana ‘Centralized’, Gimana Nasib Harga SOL?

Jakarta, Pintu News – Dilansir dari Coingape, harga SOL terkena dampak dari penurunan pasar yang sedang berlangsung dan kemungkinan besar telah meninggalkan potensi breakout dari pola bull pennant yang diantisipasi.

Namun, pola tersebut masih valid, dan konsolidasi lebih lanjut antara $130 (Rp2.007.954) dan $161 (Rp2.486.773) seharusnya memungkinkan pola ini tetap layak untuk breakout.

Sementara itu, whistleblower terkenal dari Wikileaks, Edward Snowden, menyatakan bahwa Solana bersifat terpusat (centralized), sebuah pandangan yang dia bagikan di acara Token2049 yang baru saja selesai.

Apakah Sentralisasi Solana Buruk untuk Harga SOL?

Berbicara di konferensi Token2049, mantan intelijen NSA dan whistleblower pemerintah, Edward Snowden, menyatakan bahwa Solana bersifat sentralisasi dan mungkin hanya baik untuk koin meme dan penipuan.

Baca juga: Update Hamster Kombat Mini Games per 3 Oktober 2024, Harga HMSTR Melonjak 7%!

Menurut Snowden, Solana adalah contoh dari sekelompok individu yang memanfaatkan revolusi teknologi generasi baru demi keuntungan pribadi. Meskipun Solana menawarkan kemudahan dengan kecepatan tinggi dan biaya transaksi rendah, Snowden mengingatkan bahwa berinvestasi dengan nilai nyata dalam rantai ini bisa berisiko karena sifatnya yang tersentralisasi.

Solana Dituduh Memanipulasi Jumlah Transaksi

Masalah sentralisasi memang selalu menjadi tantangan bagi blockchain Solana. Secara umum, sentralisasi tidak menguntungkan bagi cryptocurrency karena bertentangan dengan prinsip dasar dari teknologi blockchain itu sendiri.

Lebih lanjut, Solana juga telah dituduh memanipulasi jumlah transaksi, yang memberikan dampak positif terhadap harga SOL.

Secara historis, harga Solana menunjukkan ketahanan meskipun mendapat kritik. Misalnya, setelah klaim awal terkait sentralisasi muncul, harga SOL sempat turun tetapi segera pulih karena perhatian pasar beralih pada pertumbuhan ekosistem Solana yang tak terbantahkan.

Selain itu, penolakan terhadap ETF Solana yang diajukan oleh VanEck dan 21 Shares baru-baru ini justru berkontribusi dalam meningkatkan legitimasi Solana sebagai salah satu pesaing blockchain teratas di mata publik.

Baca juga: Harga Bitcoin Hari Ini (3/10/24): BTC dan Altcoin Anjlok Menjelang Rally Uptober, Apa yang Terjadi?

Solana Price Berpotensi Menuju $300 Meski Mendapat Kritik

Seperti pada kritik-kritik sebelumnya, Solana tetap teguh untuk mencapai titik tertinggi baru. Grafik harga SOL menunjukkan pola bullish yang, jika berhasil ditembus, bisa mendorong harga lebih dari $500 (Rp7.722.900).

Saat ini, harga Solana diperdagangkan di kisaran $141,64 (Rp218.774.311), yang berada di sekitar level 38,2% Fibonacci retracement dari tren turun yang lebih besar. Ini merupakan level penting karena sering berfungsi sebagai titik pivot untuk kelanjutan atau pembalikan tren.

Level 50% Fibonacci retracement di $115 (Rp1.776.267) berfungsi sebagai support yang kuat, dengan resistensi utama berikutnya di atas level 38,2%, yakni di 23,6% Fibonacci retracement, mendekati $164 (Rp2.533.111).

Panah di grafik menunjukkan potensi kenaikan harga lebih lanjut, mengindikasikan momentum bullish yang diperkirakan akan mendorong Solana menuju $225 atau Rp3.475.305 (resistensi utama pertama) dan lebih dari $325 (Rp5.019.885).

Sumber: Trading View via Coingape

Prediksi harga Solana menunjukkan bahwa jika aset ini gagal bertahan di atas level 0,5 Fibonacci retracement, hal ini bisa menandakan kelemahan pasar kripto, yang dapat menyebabkan penurunan harga lebih lanjut.

Jika harga Solana terus turun, SOL mungkin menemukan support di sekitar $85 (Rp1.312.893) atau $61 atau Rp942.193.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->