Laporan NYDIG: Meski Melemah, Bitcoin Tetap Unggul dan Mengalahkan Aset Lainnya di Q3 2024!

Updated
October 8, 2024

Jakarta, Pintu News – Bitcoin telah mempertahankan kepemimpinannya atas semua kelas aset lainnya setelah muncul sebagai yang berkinerja terbaik sejauh ini pada tahun 2024.

Sebuah studi terbaru oleh divisi riset New York Digital Investment Group (NYDIG) mengonfirmasi bahwa aset ini telah naik 49,2% nilainya dari tahun ke tahun.

Hal ini menunjukkan bahwa keunggulannya atas aset lain mungkin telah menyempit pada kuartal ketiga (Q3), berkat penurunan signifikan di pasar yang diperpanjang dari kerugian pada kuartal kedua.

Keuntungan Bitcoin di Tengah Tantangan Pasar

Pada Q3, Bitcoin berhasil naik 15,67% dalam waktu 1 bulan terakhir. Namun, itu tidak dapat benar-benar pulih banyak karena kendala dari aksi jual yang besar.

Baca juga: Widih! Trader Crypto Ini Gandakan Investasi Rp64 Miliar Menjadi Rp133 Miliar dalam 15 Hari

Bitcoin sebagian besar dipengaruhi oleh distribusi kreditur Mt Gox dan Genesis yang mencapai sekitar $13,5 miliar. Belum lagi penjualan BTC dalam jumlah besar oleh pemerintah AS dan Jerman.

Meskipun situasi ini menyusutkan apa yang dulunya merupakan keunggulan yang lebih besar untuk BTC, BTC masih melampaui aset lain, yang semakin menegaskan posisinya sebagai ‘raja kripto’.

Menurut kepala riset NYDIG Greg Cipolaro, tantangan tersebut tidak dapat menghentikan Bitcoin untuk melawan tren di bulan September. Pada bulan tersebut, yang secara historis merupakan bulan bearish, aset ini menambahkan 10% yang mengesankan.

Cipolaro mengatakan bahwa Bitcoin mungkin memiliki permintaan yang meningkat untuk dana yang diperdagangkan di bursa AS (ETF) untuk berterima kasih atas relevansi yang berkelanjutan ini.

Dia mencatat bahwa ETF mengumpulkan total aliran $4,3 miliar untuk kuartal tersebut, dan itu mungkin berkontribusi besar pada keuntungan BTC yang tercatat.

Selain itu, kepemilikan institusional dari perusahaan seperti MicroStrategy dan Marathon Digital juga terus meningkatkan kinerja Bitcoin.

Bitcoin Menawarkan Manfaat Diversifikasi

Jika penelitian oleh NYDIG adalah sesuatu yang dapat dipercaya, maka dapat dikatakan bahwa aset-aset lain, seperti logam mulia dan produk ekuitas tertentu, telah menghasilkan keuntungan besar terhadap Bitcoin.

Hal ini menunjukkan bahwa lanskap investasi saat ini adalah lanskap yang sangat kompetitif.

Meski begitu, Cipolaro menegaskan bahwa Bitcoin masih menawarkan manfaat diversifikasi yang signifikan untuk portofolio multi-aset. Hal ini dikarenakan korelasinya yang relatif rendah dengan kelas aset lainnya.

Misalnya, korelasi bergulir 90 hari Bitcoin dengan saham AS terus meningkat di Q3, mengakhiri kuartal di 0,46.

Baca juga: Market Sinyal Harian: Potensi Pergerakan Crypto per 8 Oktober 2024

Ekspektasi Bullish untuk Q4

Mengenai ekspektasi kinerja Bitcoin di Q4, Cipolaro cukup positif. Pandangannya bergantung pada fakta bahwa Q4 secara historis bullish untuk Bitcoin, jadi tahun ini seharusnya tidak menjadi pengecualian. Selain itu, beberapa katalis dan indikator potensial sudah berbaris.

Salah satu katalisator utama yang akan mempengaruhi kinerja pasar adalah pemilihan umum AS yang dijadwalkan akan berlangsung pada 5 November 2024.

Menurut Cipolaro, kemenangan Donald Trump, yang telah merangkul Bitcoin dengan kedua tangannya, kemungkinan akan membawa keuntungan yang jauh lebih besar. Dia menulis:

“Sementara kedua kandidat akan menjadi perbaikan atas pemerintahan Biden terkait sikap mereka terhadap kripto. Trump, jika dia menang, akan memberikan keuntungan yang lebih besar untuk kelas aset mengingat dukungannya yang besar terhadap industri ini.”

Harga Bitcoin telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan dalam beberapa hari terakhir. Pada 7 Oktober 2024, harga Bitcoin telah naik 2,72% dalam 24 jam terakhir menjadi $63.666.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Topik
Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->