Opsi ETF Bitcoin Diprediksi Meluncur pada Kuartal 1 2025, Ini Kata Analis Bloomberg

Updated
October 10, 2024
Gambar Opsi ETF Bitcoin Diprediksi Meluncur pada Kuartal 1 2025, Ini Kata Analis Bloomberg

Opsi untuk exchange-traded fund (ETF) Bitcoin diperkirakan akan tersedia di Amerika Serikat pada kuartal pertama 2025, menurut James Seyffart, seorang analis di Bloomberg Intelligence. Dalam diskusi panel di konferensi Permissionless pada 9 Oktober, Seyffart menyebutkan bahwa meski opsi bisa diluncurkan sebelum akhir tahun 2024, kemungkinan besar peluncurannya akan terjadi pada awal 2025.

Persetujuan Regulasi Menanti

Pada bulan September, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) memberikan izin kepada Nasdaq untuk mencantumkan opsi yang terkait dengan Bitcoin ETF dari BlackRock, yaitu iShares Bitcoin Trust (IBIT). Namun, peluncuran ini masih menunggu persetujuan akhir dari Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) dan Korporasi Kliring Opsi (OCC). Berbeda dengan aturan SEC, CFTC dan OCC tidak memiliki tenggat waktu yang ketat, sehingga peluncuran opsi ini bisa tertunda jika diperlukan.

Opsi ETF Bitcoin memberikan hak kepada trader untuk membeli atau menjual aset dasar—dalam hal ini Bitcoin—pada harga tertentu. Di Amerika Serikat, jika satu pihak gagal memenuhi kesepakatan, OCC akan turun tangan untuk menyelesaikan transaksi, memberikan perlindungan kepada para trader terhadap risiko lawan transaksi.

Baca juga: Canary Capital Ajukan ETF XRP Kedua di AS: Sinyal Positif atau Strategi Cerdik?

Langkah Maju Besar untuk Pasar Crypto

Menurut Jeff Park, kepala strategi alpha di Bitwise Invest, pencantuman opsi Bitcoin di bursa AS yang diatur merupakan “kemajuan monumental” bagi pasar cryptocurrency. Dalam sebuah unggahan di platform X pada 20 September, Park menjelaskan bahwa pasar yang diatur oleh OCC akan melindungi anggota kliring dari risiko lawan transaksi. Ini berarti eksposur Bitcoin yang sintetis bisa berkembang tanpa risiko default yang sebelumnya membuat investor ragu.

Opsi ETF Bitcoin juga diharapkan dapat menarik perhatian penasihat keuangan yang mengelola arus investasi dalam pasar ETF senilai $9 triliun. Sebanyak lebih dari 10% penasihat menggunakan opsi untuk mengelola portofolio klien mereka, menurut survei dari The Journal of Financial Planning pada tahun 2023.

Mengelola Risiko dengan Opsi ETF Bitcoin

opsi etf bitcoin oleh analis bloomberg

(Sumber:Blockworks.co)

Salah satu kekhawatiran utama yang sering muncul di kalangan investor Bitcoin adalah volatilitas, terutama volatilitas ke bawah. Opsi ETF Bitcoin bisa menjadi alat yang membantu investor dan penasihat keuangan mengelola risiko ini dengan lebih baik. Seyffart menambahkan bahwa menulis opsi pada ETF bisa membuat penasihat keuangan lebih nyaman dengan ruang cryptocurrency, yang selama ini dikenal penuh risiko.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.


  • Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->