Pendiri Tron Justin Sun Terpilih Jadi Perdana Menteri. Di Negara Ini Ternyata!

Updated
October 11, 2024

Jakarta, Pintu NewsJustin Sun, pendiri platform blockchain TRON, telah terpilih sebagai Perdana Menteri baru negara mikro Liberland, yang terletak di tepi Sungai Danube, sisi Kroasia. Pengumuman ini disampaikan melalui situs resmi negara tersebut setelah hasil pemilu berbasis blockchain diumumkan oleh Kongres Liberland yang beranggotakan tujuh orang, mewakili sekitar 1.000 warga.

Sun menggantikan Vít Jedlička, politisi asal Ceko yang mendirikan Liberland pada 2015. Dalam kampanyenya, Sun mengungkapkan visinya untuk negara ini, menyatakan bahwa “sebagaimana Kota Vatikan menjadi otoritas spiritual bagi umat Katolik, Liberland akan menjadi pusat gerakan libertarian.”

Pengalaman Internasional Justin Sun

Sun bukan sosok baru dalam urusan pemerintahan internasional. Ia pernah menjabat sebagai perwakilan Grenada di World Trade Organization (WTO) dari 2021 hingga 2023. Ia berencana menggunakan pengalamannya untuk menunjukkan bahwa pemerintahan kecil bisa efektif, tidak hanya di Liberland, tetapi juga di negara-negara lain.

Liberland didirikan dengan tujuan menjadi negara dengan pemerintahan kecil yang mendukung kebebasan individu. Negara ini juga bebas pajak, dan 99% cadangan negara disimpan dalam Bitcoin. Selain itu, Liberland memiliki mata uang sendiri yang disebut Liberland Dollar Token ($LLD), yang dapat diperdagangkan di bursa terdesentralisasi.

Tantangan dan Dukungan untuk Liberland

(Sumber: liberland.org)

Meski belum diakui oleh negara anggota PBB, legitimasi Liberland terus dipertanyakan oleh negara-negara tetangganya, yaitu Kroasia dan Serbia. Namun, negara ini telah mendapatkan dukungan dari tokoh-tokoh libertarian terkemuka, seperti Javier Milei, presiden libertarian Argentina.

Di bawah kepemimpinan Justin Sun, pemerintah Liberland berharap dapat meningkatkan profil negara mikro ini dan meraih pengakuan dari negara-negara seperti Argentina dan El Salvador.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Topik
Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->