Protokol LayerZero Gabung Unichain: Revolusi DeFi di Depan Mata!

Updated
October 14, 2024
Gambar Protokol LayerZero Gabung Unichain: Revolusi DeFi di Depan Mata!

Jakarta, Pintu News – LayerZero , solusi skala Ethereum, telah memulai protokol kompatibilitas lintas-chain pada testnet Unichain.

Pengumuman ini disampaikan pada 11 Oktober 2024 dan diharapkan dapat membantu pengembang serta aplikasi yang terhubung dengan lebih dari 90 blockchain untuk mulai menjelajahi solusi Layer-2 Unichain.

Lebih lanjut, peluncuran ini membuka peluang bagi pengembang untuk berinteraksi dalam skala yang lebih besar.

Aliansi LayerZero dan Uniswap untuk Meningkatkan Aksesibilitas DeFi

Uniswap Labs menciptakan Unichain sebagai jembatan untuk mengatasi kesenjangan di sektor Decentralized Finance (DeFi) dan juga bertujuan untuk memperkuat roadmap skalabilitas Ethereum.

Baca juga: Elon Musk Bangkitkan Semangat Doge Army dengan Shiba Inu di Robotaxi Baru

Desain Unichain didasarkan pada Optimism Superchain, yang bertujuan menyediakan kerangka kerja yang cepat dan terdesentralisasi. Dalam jangka panjang, integrasi Unichain dengan LayerZero akan meningkatkan interaksi antar-blockchain.

Pengembang dapat menguji proyek mereka yang sudah ada di Unichain sambil memanfaatkan keuntungan untuk mengembangkan solusi lintas-chain. Integrasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan fleksibilitas dalam ekosistem DeFi, memungkinkan proyek terdesentralisasi untuk berkembang dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Selain manfaatnya bagi DeFi, aliansi LayerZero dan Unichain berkontribusi pada adopsi blockchain secara mainstream. Ini merupakan langkah signifikan menuju pembangunan infrastruktur blockchain yang lebih kuat dan berkelanjutan untuk pengembang dan pengguna. Aliansi ini juga membawa harapan baru untuk DeFi lintas-chain dan penyediaan likuiditas.

Beberapa Kemitraan LayerZero

Sebelumnya, LayerZero telah menjalin kemitraan serupa, termasuk dengan jaringan Oracle Flare. Empat bulan lalu, Flare mengumumkan integrasinya dengan LayerZero V2, yang membantu menghubungkan Flare dengan 75 jaringan blockchain berbeda, termasuk Ethereum, Solana, dan platform Layer 2 lainnya.

“Integrasi ini sangat berharga bagi semua pengguna dan pengembang di Flare. Deploy LayerZero V2 akan mempercepat ekspansi Flare, membuka jalan bagi pengembang untuk menciptakan berbagai produk inovatif yang interoperabel,” kata Co-Founder Flare, Hugo Philion, saat itu.

“Yang paling menarik bagi saya adalah kemampuan LayerZero untuk membantu Flare memfasilitasi pasar uang lintas-chain, dengan memanfaatkan integrasi Flare dari token non smart contract, seperti BTC dan XRP.”

Meningkatnya Kebutuhan Akan Skalabilitas Ethereum

trader ethereum
Generated by AI

Pada Agustus lalu, Vitalik Buterin membagikan rencana untuk meningkatkan fungsi interoperabilitas lintas-chain antara jaringan Layer 2 Ethereum sebagai bagian dari upaya lebih luas untuk memperbaiki interoperabilitas protokol crypto.

Baca juga: Ethereum Siap Terbang Lebih Cepat: Proposal Baru EIP-7781 Pangkas Waktu Blok hingga 50%!

Ia menyoroti berbagai Ethereum Improvement Proposals (EIPs) dalam roadmap menuju kompatibilitas lintas-L2.

Salah satunya adalah EIP-3370, yang memperkenalkan standar alamat baru bagi Decentralized Applications (dApps) dan dompet untuk menampilkan alamat spesifik chain dengan awalan yang mudah dibaca.

Langkah lain adalah peningkatan ke EIP-7683, yang akan memperkenalkan cara standar bagi berbagai Layer-2 Ethereum untuk berkomunikasi dan mengeksekusi perdagangan di berbagai chain.

EIP-3668 mengusulkan metode bagi kontrak pintar Ethereum untuk mengakses data off-chain secara terstandarisasi.

Sementara itu, salah satu pendiri Illyriad Games, Ben Adams, juga memperkenalkan proposal Ethereum baru, EIP-7781, yang bertujuan mengurangi waktu blok dari 12 detik menjadi 8 detik—penurunan 33%, yang akan meningkatkan throughput keseluruhan sebesar 50%.

Secara keseluruhan, peluncuran Unichain adalah salah satu upaya terbaru untuk mengoptimalkan performa Ethereum secara keseluruhan.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->