Radiant Crypto Diretas! $51,5 Juta Dicuri dari Akun Pengguna di Jaringan BNB dan Arbitrum

Updated
October 17, 2024
Gambar Radiant Crypto Diretas! $51,5 Juta Dicuri dari Akun Pengguna di Jaringan BNB dan Arbitrum

Jakarta, Pintu News – Platform DeFi, Radiant Capital, menjadi korban peretasan besar yang mengakibatkan kerugian lebih dari $51 juta.

Serangan ini menyasar kontrak pintar di jaringan Binance (BNB Chain) dan Arbitrum, mencuri berbagai aset kripto milik pengguna.

Kronologi Serangan: Radiant Crypto Kehilangan $51 Juta

Peretasan pertama kali terdeteksi pada Rabu, 17 Oktober 2024, oleh perusahaan keamanan blockchain Ancilia Inc. Melalui sebuah multisig yang dikompromikan, peretas mendapatkan akses ke kunci pribadi 3 dari 11 penandatangan (signers) yang mengamankan dompet Radiant.

Baca juga: Nansen Tambah Solana ke Analisis Blockchain! Ini Dampaknya pada Memecoin dan DeFi

Dengan akses tersebut, mereka berhasil memperbarui kontrak pintar dan mengambil alih kepemilikan.

Peretas kemudian mulai menguras dana dari berbagai pool likuiditas di jaringan BNB dan Arbitrum, mencuri aset crypto seperti USDC, USDT, wrapped Bitcoin , wrapped Ethereum (wETH), dan Binance Coin (wBNB).

Menurut laporan, total aset yang dicuri mencapai lebih dari $51 juta, yang kemudian dikonversi ke dalam token ETH dan BNB.

Dampak pada Pengguna dan Tindakan Radiant Capital

Radiant crypto langsung merespons dengan menghentikan sementara pasar pinjamannya di Ethereum dan jaringan Layer-2 Base untuk mencegah kerugian lebih lanjut.

Mereka juga bekerja sama dengan berbagai mitra keamanan Web3, seperti SEAL911, Hypernative, ZeroShadow, dan Chainalysis, untuk menyelidiki peretasan ini dan mengurangi dampak pada pengguna.

Pengguna Radiant Capital diimbau untuk segera mencabut semua izin (approval) yang terkait dengan kontrak pintar Radiant untuk melindungi aset mereka.

Peretasan DeFi Lainnya di Tahun 2024

Ini bukan pertama kalinya Radiant crypto menjadi korban peretasan. Pada Januari 2024, platform ini kehilangan $4,5 juta dalam serangan terpisah yang disebabkan oleh kerentanan pada kontrak pintarnya.

Baca juga: Jumlah Validator Ethereum Melonjak 30% dalam Setahun, Institusi Besar Mulai Tertarik!

Peretasan terbaru ini memperburuk tren meningkatnya serangan di sektor DeFi, di mana protokol keuangan terdesentralisasi semakin menjadi target peretas.

Secara keseluruhan, peretasan terhadap Radiant crypto menambah daftar panjang eksploitasi di sektor DeFi tahun ini. Pengguna diimbau untuk lebih berhati-hati dan selalu memantau izin kontrak pintar yang terhubung dengan dompet mereka.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->