Pada awal tahun 2022 yang lalu, SM Entertainment, salah satu agensi entertainment terbesar di Korea Selatan, membangun Metaverse yang bernama SMTOWN Land.
Dalam mewujudkan proyek SMTOWN Land ini, SM Entertainment bekerja sama dengan Sandbox yang merupakan salah satu platform Metaverse terbesar di dunia. Bagaimana SM Entertainment mengembangkan bisnisnya di dunia Metaverse? Berikut informasinya.
Sumber: Twitter SMTOWNGLOBAL
SM Entertainment meluncurkan STUDIO KWANGYA pada 12 Juli 2022 yang lalu sebagai anak perusahaan SM Entertainment yang berspesialisasi dalam produksi konten Metaverse. Dalam sebuah tweet, perusahaan ini mengumumkan bahwa STUDIO KWANGYA akan membantu SM dalam post-production, produksi VFX, produksi manusia virtual, dan produksi VR.
Perusahaan ini juga berfungsi sebagai studio video musik dan studio virtual perusahaan. STUDIO KWANGYA juga terbuka untuk membangun kerja sama dengan perusahaan lokal atau internasional terkemuka lainnya di industri Metaverse.
Baru-baru ini, mereka berkolaborasi dengan Amaze VR, sebuah perusahaan platform konser VR, untuk mengembangkan Studio A. Studio A bertujuan untuk menghasilkan pengalaman konser virtual yang imersif dengan artis SM melalui alat pembuatan VR canggih dari Amaze VR.
Teknologi Metaverse merupakan salah satu produk unggulan SMCU. SMTOWN Land memiliki sebuah konsep cerita unik dengan mengolaborasi semua narasi individu dan musik dari para artis mereka menjadi satu alur cerita yang terhubung. SMTOWN Land ini berisi identitas setiap artis SM.
Salah seorang perwakilan SM mengatakan bahwa SMCU adalah sebuah konsep bisnis yang melintasi dunia maya juga dunia nyata dan mencakup cerita dan pandangan dunia yang unik dari setiap artis SM. Menurutnya, STUDIO KWANGYA didirikan untuk secara profesional membuat konten Metaverse yang berbeda berdasarkan teknologi budaya.
Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di SMTOWN Land diantaranya adalah menikmati event seperti konser, jumpa fans, hingga membuat NFT.
Setelah nyaris 1 tahun mengembangkan bisnisnya di ranah Metaverse, kini SM Entertainment menjalin kerja sama dengan Everland yang merupakan taman hiburan terbesar di Korea Selatan. Taman hiburan ini berlokasi di kawasan Yongin dengan jumlah 5,85 juta pengunjung setiap tahunnya.
Pada tanggal 21 September 2022, agensi K-pop terkemuka SM Entertainment mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani nota kesepahaman dengan Everland untuk menciptakan sebuah zona spesial bagi para pengunjung taman dan penggemar artis SM bersenang-senang.
Baca Juga: Girl Group aespa Berkolaborasi dengan Seniman NFT Blake Kathryn!
Dalam kemitraan ini, kedua perusahaan akan meluncurkan āEver SMTOWNā untuk membuat berbagai konten menarik dari SM Culture Universe (SMCU) di dunia nyata. Akankah kemitraan antara SM Entertainment dan Everland berlanjut ke pengembangan konten Metaverse?
Meskipun sampai saat ini tidak ada pengumuman mengenai kerja sama kedua pihak tersebut dalam mengembangkan konten di SMTOWN Land, hal ini tidak menutup kemungkinan kerja sama tersebut terjadi di masa depan.
Para pengunjung Ever SMTOWN dapat mengunjungi berbagai wahana populer di Everland seperti wahana Hurricane, Amazon Express. dan Music Garden. Proyek kerja sama ini akan memperkenalkan dunia unik SMTOWN yang memanfaatkan teknologi digital, termasuk augmented reality dan zona video juga foto yang diluncurkan bulan Oktober 2022.
Wahana bemper car rides Everland juga akan dibalut dengan nama-nama anggota boy band NCT 127. Penggunaan nama anggota boy band NCT pada wahana bemper car rides ini dilakukan untuk menyambut perilisan full album keempat NCT 127 yang berjudul ā2 Baddiesā yang mengusung konsep balap jalanan.
Selain menyiapkan berbagai zona bermain bertema SMCU, pihak agensi SM Entertainment mengatakan bahwa Everland dan SM Entertainment juga berencana untuk meluncurkan lebih banyak konten SMTOWN dengan menggunakan kekayaan intelektual para artis SM, termasuk NCT Dream dan aespa.
Referensi: