Serok 1 BTC per Hari, Presiden El Salvador Bukele Mengatakan Bitcoin Berbeda dari FTX

Updated
November 18, 2022
Gambar Serok 1 BTC per Hari, Presiden El Salvador Bukele Mengatakan Bitcoin Berbeda dari FTX

Presiden El Salvador, Nayib Bukele, telah menyebut bahwa Bitcoin (BTC) berlawanan dari FTX. Bagaimana pendapat Bukele terhadap Bitcoin dan berbagai isu seputar crypto baru-baru ini? Simak selengkapnya berikut ini.

Bukele Tegaskan Bahwa ‚ÄúBitcoin Berbeda dari FTX‚ÄĚ

Dilansir dari cryptonews, Bukele relatif tidak banyak bersuara mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan Bitcoin dalam beberapa bulan terakhir. Tak hanya itu, presiden El Savador itu juga berpendapat bahwa crypto dan Bitcoin tidaklah sama.

Dalam sebuah cuitan di akun Twitternya yang bernama @nayibbukele, ia menulis bahwa kita ‚Äúmasih awal‚ÄĚ dalam hal Bitcoin dan berpendapat bahwa ‚ÄúBitcoin berbeda dengan FTX.‚ÄĚ

Dikutip dari cryptonews, Bukele memiliki banyak orang yang tidak setuju dengannya tentang Bitcoin. Menurut surat kabar online Infobae, ekonom Ricardo Castaneda dari Institut Amerika Tengah untuk Studi Fiskal (ICEFI) mengatakan bahwa penduduk El Salvador sekarang memiliki ‚Äúrasa ketidakpercayaan yang tinggi‚ÄĚ jika berkaitan dengan BTC.

Pasalnya, pernyataan tersebut diperkuat dengan hasil survei yang diterbitkan pada bulan Oktober 2022 oleh Universitas Amerika Tengah (UCA). Survei tersebut menemukan bahwa sebanyak 77% penduduk El Salvador berpikir bahwa adopsi BTC sama sekali tidak menguntungkan mereka.

Baca Juga: Susul El Salvador, Spanyol Menjadi ATM Hub Crypto Terbesar Ketiga

Tentang Bitcoin, Bukele, dan El Salvador

El Salvador dan Bitcoin
bitcoinist.com

Dilansir dari crypto news, Castaneda, seorang kritikus Bitcoin, menyebut bahwa Undang-Undang Bitcoin 2021 adalah ‚Äúbencana ekonomi bagi El Salvador.‚ÄĚ Dia juga menyampaikan bahwa otoritas pemerintah telah melakukan segalanya untuk mendorong publik menggunakan BTC.

Castaneda juga mengatakan bahwa jumlah uang yang dihabiskan untuk membeli Bitcoin dalam 12 bulan terakhir hampir sama dengan anggaran untuk Kementerian Pertanian di El Salvador. Hal ini sangat relevan ‚Äúdi negara di mana separuh penduduknya menderita kelaparan,‚ÄĚ kata Castaneda, dikutip dari cryptonews, Selasa (15/11/2022).

Bukele Beli 1 BTC per Hari

Baru-baru ini pada Kamis, 17 November 2022, Bukele mengumumkan melalui cuitan di akun Twitternya @nayibbukele, bahwa ia memutuskan untuk membeli 1 Bitcoin per hari dan akan dimulai pada 18 November 2022. Pasalnya, hingga artikel ini diterbitkan, cuitan tersebut menuai banyak respon dari para pengguna Twitter hingga mencapai 40.000 likes hanya dalam satu hari saja.

Keputusan Bukele untuk membeli 1 BTC per hari itu ternyata juga diikuti oleh Justin Sun yang merupakan pendiri Tron cryptocurrency network. Sun mengumumkan bahwa ia juga akan membeli 1 Bitcoin setiap harinya dan akan dimulai besok pada 18 November 2022. Hal tersebut diumumkan melalui cuitan di akun Twitternya yang bernama @justinsuntron.

Sebelumnya, pada bulan September 2022 lalu, El Salvador telah menjadi negara pertama yang menerima Bitcoin sebagai mata uang yang resmi. Tak hanya itu, El Salvador juga telah mengadopsi crypto khususnya Bitcoin dalam berbagai hal, seperti mengadakan airdrop Bitcoin secara besar-besaran, mengenalkan layanan ‚ÄúBitcoin-tap-to-pay‚ÄĚ Bolt Card, dan menerapkan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan Bitcoin di negaranya.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->