Dalam Rangka Membantu Pekerja di Wilayah Terpencil, Nokia Kembangkan Teknologi Metaverse Ini!

Updated
February 9, 2023
Gambar Dalam Rangka Membantu Pekerja di Wilayah Terpencil, Nokia Kembangkan Teknologi Metaverse Ini!

Dilansir dari Cointelegraph, baru-baru ini perusahaan infrastruktur telekomunikasi Nokia telah mencari cara untuk menggunakan Metaverse dalam rangka membantu pekerja yang berada di lokasi terpencil. Apa saja yang dilakukan oleh Nokia? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pabrik Bir Mikro dan Teknologi Metaverse yang Dikembangkan Nokia

Pabrik Bir Mikro dan Teknologi Metaverse yang Dikembangkan Nokia
University of Technology Sydney ‚ÄúIndustri 4.0 Nano-Brewery‚ÄĚ. Sumber: UTS

Robert Joyce, CTO Nokia Oceania mengatakan kepada Cointelegraph bahwa bagian dari rencana membantu pekerja yang berada di lokasi terpencil juga termasuk menghadirkan Metaverse.

‚ÄúNokia mendirikan dua laboratorium di tahun lalu untuk benar-benar meneliti Metaverse dan teknologi yang mendukung Metaverse,‚ÄĚ ujar Joyce, dikutip dari Cointelegraph, Rabu (8/2/2023).

Tahun 2022 lalu Nokia mulai berkolaborasi dengan sebuah universitas di Australia untuk menghadirkan pabrik bir mikro yang terhubung dengan 5G menggunakan teknologi Metaverse.

Dengan menggunakan Augmented Reality (AR), para peneliti dari laboratorium teknologi pembuatan bir di University of Technology Sydney telah bekerja sama dengan para peneliti dari twin facility di Universitas Dortmund di Jerman.

Lebih lanjut mengenai pabrik bir mikro, ‚ÄúMereka benar-benar melakukan eksperimen bersama di mana mereka menyeduh bir, mereka mengubah prosesnya, suhunya, pengaturan waktunya, volumenya, resepnya dan mereka memasukkan semua proses pembuatan bir itu ke dalam digital twin,‚ÄĚ jelas Joyce. Tidak hanya itu, para pekerja juga benar-benar dapat mensimulasikan pembuatan bir di digital twin sehingga mereka dapat menyempurnakan bir di industri digital.

Baca Juga: Nokia Optimis Metaverse Gantikan Smartphone di Masa Depan

Teknologi Metaverse Untuk Membantu Para Teknisi Pesawat Cessna

Teknologi Metaverse Untuk Membantu Para Teknisi Pesawat Cessna
Pesawat Cessna sedang diservis secara virtual. Sumber: Robert Joyce di LinkedIn

Dilansir dari Cointelegraph, tidak hanya pabrik bir mikro yang terhubung dengan Metaverse, Joyce juga mengatakan bahwa Nokia telah menggunakan Metaverse untuk membantu para teknisi pesawat Cessna di bandara-bandara terpencil.

‚ÄúKami bekerja sama dengan sebuah perusahaan yang memiliki pesawat Cessna virtual. Anda akan melihat pesawat Cessna di depan Anda, dan kemudian Anda akan memiliki instruksi audio di telinga untuk memberi tahu cara mengganti kemudi, atau mengganti bagian mesin,‚ÄĚ ujar Joyce.

‚ÄúKami memiliki Microsoft HoloLens yang terhubung dengan 5G dan kami dapat menginstruksikan orang-orang tentang cara menyervis Cessna menggunakan augmented reality dalam kasus ini,‚ÄĚ jelasnya dalam sebuah interview bersama Cointelegraph.

Joyce juga mengatakan bahwa tahun depan akan ada 5x lipat pendapatan yang ditujukan untuk ‚ÄúMetaverse Industri‚ÄĚ dibandingkan dengan Metaverse konsumen atau perusahaan. ‚ÄúKami melihat adanya jeda 3 atau 5 tahun sebelum kita benar-benar melihat pengadopsian yang masif dalam layanan virtual reality atau augmented reality untuk konsumen,‚ÄĚ ujarnya.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->