11.362 NFT Y00ts Ramai-Ramai Pindah dari Solana ke Polygon, Kenapa?

Updated
March 30, 2023
Gambar 11.362 NFT Y00ts Ramai-Ramai Pindah dari Solana ke Polygon, Kenapa?

Beritanya telah ramai dibicarakan dan ditunggu-tunggu sejak tahun lalu, akhirnya salah satu koleksi NFT populer jaringan Solana, y00ts, resmi melakukan proses perpindah ke Polygon pada awal minggu ini.

Ingin tau proses migrasi serta kelanjutannya? Simak artikel ini hingga akhir!

Migrasi y00ts Telah di Mulai

Migrasi NFT y00ts
Sumber: NFTEvening

Dilansir dari Decrypt (30/3/23), koleksi gambar profil y00ts, yang merupakan proyek NFT paling menonjol di Solana, kini sudah mulai bermigrasi dari satu rantai ke rantai lainnya. Laporan tersebut mencatat bahwa hampir 77% NFT y00ts telah bermigrasi ke Polygon sejak hari Selasa (28/3/23).

Menurut Coindesk, Migrasinya y00ts dari Solana ke Polygon ini diketahui bertujuan untuk mempercepat waktu transaksi serta mengurangi biaya jaringan. Tidak hanya itu, hal ini juga ditandai sebagai upaya untuk membuat NFT yang dapat disesuaikan, interaktif, dan lebih mudah diakses oleh khalayak yang lebih luas.

Pada bulan Desember 2022 lalu, DeLabs, selaku startup Web3 di balik koleksi NFT y00ts dan proyek DeGods, telah mengumumkan bahwa kedua koleksi tersebut akan menjalani proses ‚Äúbridging‚ÄĚ ke blockchain baru dalam beberapa bulan mendatang.

Pada pengumumannya saat itu, diketahui bahwa koleksi NFT y00ts akan bermigrasi ke Polygon, sedangkan koleksi NFT DeGods akan bermigrasi ke Ethereum. Sebelumnya, mereka tidak sempat membeberkan tanggalan pasti untuk bermigrasi, namun kini kedua koleksi tersebut akhirnya akan mulai berpindah pada akhir Maret 2023, yakni 28 Maret untuk y00ts dan 31 Maret untuk DeGods.

Baca juga: Debut di Sandbox, Metaverse Hell’s Kitchen Sediakan Hadiah 50.000 SAND!

Y00ts, koleksi yang diluncurkan pada September 2022 ini menggunakan jembatan lintas rantai untuk membawa koleksi seni generatifnya yang berjumlah 15.000 ke Polygon. Pemegang lama dapat memulai proses migrasi dengan mengunjungi situs web y00ts dan menghubungkan dompet mereka.

Sebelum resmi pindah, pada awal Januari 2023 lalu, komunitas dibuat heboh karena Polygon berani mengeluarkan dana sebesar Rp46 miliar untuk membujuk koleksi NFT y00ts pindah ke jaringannya.

Lalu, bagaimana proses perpindahan koleksi y00ts?

Proses Migrasi y00ts ke Polygon

Proses Migrasi y00ts ke Polygon
Sumber: Twitter

Seperti cuitan akun Twitter y000ts NFT pada hari Selasa kemarin, DeLabs telah bekolaborasi dengan startup teknologi, Dust Labs, untuk meluncurkan migrasi y00ts, yang secara efektif merupakan proses ‚Äúburn and mint‚ÄĚ, membuat pemegangnya membakar (atau menghancurkan) versi asli NFT Solana dan menerima NFT versi Polygon yang baru dicetak di ujung transisi berbasis Wormhole, mengutip dari Decrypt.

Dalam waktu kurang dari 24 jam, tercatat lebih dari 75% total pasokan NFT y00ts (11.362 dari 15.000) dilaporkan telah dimigrasikan ke Polygon. Saat artikel ini ditulis, 11.506 NFT atau hampir 77% dari total koleksi telah dipindahkan.

Baca juga: Rangkul Avenged Sevenfold, Tikcketmaster Debutkan Fitur Pembelian Tiket NFT-gating

Sementara itu, menurut laporan Coindesk (30/3/23), untuk memberi insentif kepada pemegang agar memigrasikan NFT mereka ke Polygon, DeLabs memutuskan untuk membebaskan biaya jaringan selama 24 jam pertama. Selain itu, tim ini juga menawarkan kesempatan kepada pemegang y00ts untuk memenangkan NFT DeGods berbasis Ordinals yang telah diluncurkan di jaringan Bitcoin.

Tidak berhenti sampai di situ, biaya staking juga akan digratiskan dan pemegang akan menerima $5 USDC per Y00t yang terdaftar di pasar NFT Magic Eden.

Bagi pemegang yang tidak memigrasikan NFT mereka pada tanggal 3 April 2023 akan dikenakan ‚ÄúPajak Paper Hands Bridge‚ÄĚ sebesar 33,3%, yang mengakibatkan denda yang harus dibayarkan oleh peningkatan biaya royalti.

Menurut laporan OpenSea, hampir 10.000 koleksi y00ts telah dipindahkan ke Polygon, dan harga dasar koleksi NFT y00ts saat ini berkisar di sekitar 1,8 ETH, atau sekitar $3,200 setara dengan Rp48 juta.

Beberapa hari sebelum memulai proses migrasi y00ts, Frank DeGods, salah satu ketua proyek koleksi ini, membagikan langkah-langkah selanjutnya untuk y00ts dan DeGods dalam sebuah wawancara di acara NFTLA, yang telah digelar 20-23 Maret kemarin.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->