Gandeng Polygon, Kini Formula 1 Luncurkan Tiket NFT! Apa Saja Keuntungannya?

Updated
May 27, 2023
Gambar Gandeng Polygon, Kini Formula 1 Luncurkan Tiket NFT! Apa Saja Keuntungannya?

Perkembangan ekosistem NFT kini datang dari dunia balap mobil Formula 1 yang memasuki era digital dengan cara yang sangat inovatif. Platinum Group, penyedia tiket Formula 1, secara resmi mengumumkan peluncuran tiket Non-Fungible Token (NFT) mereka pada 26 Mei 2023. Berpartner dengan Polygon, platform blockchain terkemuka, tiket NFT ini siap untuk digunakan pada Formula 1.

Inovasi Terbaru Dari Formula 1: Tiket NFT

Balap mobil Formula 1 terkenal dengan inovasi teknologinya, dan sekarang mereka mengambil langkah besar menuju digitalisasi dengan meluncurkan tiket NFT.

Platinium Group, penerbit tiket terkemuka untuk Formula 1, akan merilis tiket balap NFT, yang dimulai dengan Grand Prix Monaco akhir pekan ini. Dalam proyek ini, Platinium Group telah bekerja sama dengan perusahaan infrastruktur blockchain, Elemint, dan agensi Web3, Bary, untuk membantu membuat, mencetak, dan menjual tiket NFT.

Menurut siaran pers, tiket akan dicetak di Ethereum sidechain, Polygon. Lebih lanjut, tiket NFT tersebut tidak hanya akan memberikan akses ke pertandingan, tetapi juga akan terus memberikan manfaat bagi pemegangnya setelah acara, seperti manfaat perhotelan dan diskon pertandingan di masa mendatang.

Baca juga: Tiket NFT Siap Digunakan pada Professional Fighters League (PFL), Bisa Berantas Para Calo?

Keuntungan Tiket NFT Formula 1

Lebih lanjut, dengan menggunakan teknologi blockchain dari Polygon, tiket NFT ini bukan hanya tiket biasa, melainkan barang digital unik yang tidak dapat dipalsukan atau digandakan, yang mana memberikan manfaat lebih besar bagi pemegang tiket, mengingat setiap tiket NFT akan memiliki nilai yang unik dan dapat menjadi barang koleksi yang berharga.

Elie Zerbib, Co-Founder dari Bary mengatakan kepada CoinDesk bahwa NFT dalam bentuk tiket menawarkan transparansi, keterlacakan, tiket digital tanpa batas, personalisasi, dan keterlibatan kepada pembeli.

Namun, untuk olahraga yang telah mengumpulkan penggemar dari seluruh dunia, proses penerimaan yang mudah adalah prinsip penting.

‚ÄúDengan memberikan pengalaman yang benar-benar mulus di situs web utama, pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan Web3 untuk membeli tiket NFT. Kami membuat pengguna memahami manfaat yang didapat dari jenis tiket baru ini dan membawa mereka dalam perjalanan yang akan mengubah pengalaman F1 mereka.‚ÄĚ kata Zerbib.

Jacques-Henri Eyraud, CEO Elemint, mengatakan dalam siaran persnya bahwa memanfaatkan teknologi blockchain untuk tiket acara akan meluas jauh melampaui F1 dan masuk ke dunia olahraga dan hiburan yang lebih besar.

‚ÄúTeknologi Web3 memungkinkan untuk merancang solusi tiket yang lebih aman dan lebih disesuaikan dengan kekhususan setiap acara. Pengalaman menjadi lebih personal dan menyenangkan bagi para penggemar semua jenis kompetisi olahraga.‚ÄĚ kata Eyraud.

Untuk Grand Prix Monako, pemegang NFT tertentu dapat ditawari tiket ke pesta paling eksklusif di acara tersebut.

Implikasi dan Dampak Tiket NFT pada Industri Balap Mobil

f1 luncurkan tiket nft
Coindesk

Peluncuran tiket NFT ini tidak hanya berdampak pada dunia Formula 1, tetapi juga pada industri balap mobil secara umum. Dengan penggunaan teknologi blockchain, tiket balap mobil akan menjadi lebih aman, transparan, dan bernilai lebih tinggi.

Baca juga: Alami Penundaan dan Masalah Teknis, Penjualan Koleksi NFT Nike OF1 Meraup Rp19 Miliar!

Tidak hanya itu, terobosan ini juga dapat merubah cara orang melihat dan menghargai barang-barang digital, terutama dalam industri yang sebelumnya didominasi oleh barang fisik.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->