Revolusi Smart Contract, Marlowe Resmi Diluncurkan di Mainnet Cardano

Updated
June 1, 2023
Gambar Revolusi Smart Contract, Marlowe Resmi Diluncurkan di Mainnet Cardano

Marlowe, bahasa khusus domain (DSL) yang dirancang untuk blockchain Cardano (ADA), siap merevolusi pembuatan dan eksekusi smart contract.

Menurut lapotan, bahasa tingkat tinggi yang dirancang ramah pengguna dan mudah diakses ini bertujuan untuk membuat kontrak finansial dan perjanjian dapat diakses oleh individu, terlepas dari latar belakang pemrograman mereka.

Marlowe Mengubah Cara Kerja Smart Contract

Twitter

Melalui sebuah cuitan pada 30 Mei 2023, Input Output Hong Kong (IOHK), startup blockchain di balik protokol Cardano telah mengumumkan bahwa pemeriksaan audit komprehensif oleh protokol Marlowe baru saja diselesaikan dan telah ditayangkan di mainnet Cardano.

Secara singkat, Marlowe adalah bahasa khusus domain (DSL) yang dirancang khusus untuk blockchain Cardano. Tujuan utamanya adalah untuk membuat pembuatan dan eksekusi smart contract menjadi lebih mudah dan intuitif. Dengan Marlowe, pengguna dapat membuat dan menerapkan smart contract di Cardano tanpa perlu memiliki latar belakang pemrograman yang kuat.

Per 30 Mei, Marlowe telah menjalani audit internal dan eksternal yang ketat, memanfaatkan kekuatan Plutus untuk memberikan jaminan kuat melalui bukti formal, pengujian, dan alat analisis. Fokus pada keamanan ini adalah aspek kunci dari desain Marlowe.

Baca juga: Konsisten di Crypto, Visa Luncurkan Smart Contract Paymaster Pertama di Testnet Ethereum

Lebih lanjut, Marlowe Playground menawarkan lingkungan simulator, memungkinkan pengguna untuk menguji kontrak sebelum menerapkannya di mainnet dengan dana nyata. Fitur ini memberikan lapisan keamanan dan kepercayaan tambahan bagi pengguna.

Manfaat Utama dari Alat Smart Contract Marlowe

Terdapat beberapa manfaat inti yang akan diperkenalkan Marlowe ke dalam ekosistem Cardano. Salah satunya adalah penjaga yang akan menampilkan protokol smart contract sebagai tempat bermain yang akan menawarkan lingkungan simulator untuk menguji kontrak sebelum menerapkannya di mainnet dengan dana nyata.

Dengan fokus pada peningkatan produktivitas pembangun dalam jaringannya, Cardano telah merancang protokol Marlowe untuk sangat mudah diakses. Protokol mencatat bahwa ‚Äúketersediaan tutorial, panduan, dan praktik terbaik membuat Marlowe ramah pengguna dan mudah diakses,‚ÄĚ

Selain itu, Marlowe diyakini kompatibel dengan JavaScript dan Haskell, dan memungkinkan integrasi mulus smart contract ke DApps.

Protokol smart contract juga cepat dan efisien, dan merupakan satu fitur penting yang telah membantu banyak protokol layer-2 yang muncul seperti Polygon zkEVM untuk menciptakan urutan pecking di antara rekan-rekan mereka. Cardano berusaha untuk mengalahkan Ethereum sebagai penyedia smart contract dan aplikasi terdesentralisasi terbaik di industri.

Peluncuran Marlowe di Mainnet Cardano

Peluncuran Marlowe di mainnet Cardano menandai langkah penting dalam evolusi smart contract. Sebagai bagian dari keluarga bahasa dan alat yang terus berkembang di Cardano, Marlowe menawarkan toolkit lengkap untuk membuat, menerapkan, dan memonetisasi smart contract, menjadikannya pilihan ideal baik untuk komunitas Web3 maupun pendatang baru.

Menurut IOG, Marlowe telah diaudit baik secara internal maupun eksternal oleh tweag, sebuah perusahaan teknologi blockchain, yang meningkatkan jaminan lingkungan yang aman untuk penggunaan kontrak di mainnet. IOG berjanji akan menerbitkan laporan tersebut dalam waktu dekat.

Baca juga: Hebat! Cardano dan Polygon Mencapai Terobosan Baru dalam Interoperabilitas Crypto!

Tidak hanya itu, Marlowe juga menawarkan efisiensi dengan template kontrak yang dapat digunakan kembali dan integrasi intuitif dengan Marlowe Runtime APIs. Ini menjadikannya alat yang efektif untuk pengembang yang ingin membangun dalam ekosistem Cardano.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->