Sah! Uni Eropa Resmi Menandatangani Regulasi Baru untuk Crypto

Updated
June 2, 2023
Gambar Sah! Uni Eropa Resmi Menandatangani Regulasi Baru untuk Crypto

Uni Eropa telah resmi menandatangani regulasi baru yang dikenal sebagai Markets in Crypto-Assets (MiCA) menjadi undang-undang.

Regulasi ini dirancang untuk memberikan kerangka kerja yang konsisten untuk aset crypto di antara negara-negara anggota Uni Eropa. Dengan regulasi ini, Uni Eropa berpotensi menjadi yurisdiksi besar pertama dengan regulasi crypto yang disesuaikan.

MiCA: Kerangka Kerja Baru untuk Aset Crypto di Uni Eropa

uni eropa menandatangani mica
Penandatanganan MiCa ‚Äď Twitter

Markets in Crypto-Assets (MiCA) adalah regulasi baru yang ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Parlemen Eropa, Roberta Metsola, dan Menteri Urusan Pedesaan Swedia, Peter Kullgren.

Regulasi ini pertama kali diusulkan oleh Komisi Eropa pada tahun 2020 dan telah melalui berbagai tahap persetujuan sebelum akhirnya disahkan menjadi undang-undang.

Lebih lanjut, tujuan utama dari MiCA adalah untuk menciptakan kerangka kerja regulasi yang konsisten untuk aset crypto di antara negara-negara anggota Uni Eropa.

Baca juga: Hong Kong dan UAE Bersatu untuk Mengatur Crypto, Seperti Apa Jadinya?

Manfaat Regulasi MiCA bagi Industri Crypto

Menurut lapotan, regulasi MiCA dirancang untuk memberikan kejelasan dan kepastian hukum bagi industri crypto di Uni Eropa. Dengan regulasi ini, perusahaan crypto akan memiliki panduan yang jelas tentang bagaimana mereka harus beroperasi di Uni Eropa.

Selain itu, regulasi ini juga mencakup ketentuan tentang pencegahan pencucian uang, yang memerlukan penyedia crypto untuk memverifikasi identitas pelanggan mereka ketika mereka mentransfer dana. Ini merupakan langkah penting dalam memastikan bahwa industri kripto di Uni Eropa beroperasi dengan cara yang aman dan bertanggung jawab.

Dampak Regulasi MiCA bagi Pengembangan Aset Crypto

uni eropa menandatangani mica
PYMNTS

Regulasi MiCA diharapkan memiliki dampak yang signifikan pada pengembangan aset crypto di Uni Eropa. Dengan kerangka kerja regulasi yang jelas, perusahaan crypto akan memiliki lebih banyak kepastian hukum, yang pada gilirannya dapat mendorong inovasi dan pertumbuhan di industri ini.

Selain itu, dengan regulasi seperti MiCA, Uni Eropa menunjukkan komitmennya untuk mendukung dan mengatur industri crypto , yang dapat membantu membangun kepercayaan dan mendorong adopsi aset crypto di antara masyarakat umum.

Pada akhirnya, dengan penandatanganan regulasi MiCA menjadi undang-undang, Uni Eropa telah mengambil langkah penting dalam mendukung dan mengatur industri crypto. Ini menunjukkan bahwa Uni Eropa melihat nilai dalam aset crypto dan berkomitmen untuk memastikan bahwa industri ini dapat berkembangdalam lingkungan yang aman dan teratur.

Baca juga: Pemangkasan Suku Bunga Fed Bisa Dorong Kenaikan Bitcoin dan Ethereum, Prediksi CEO Galaxy Digital

Melalui kerangka kerja regulasi yang jelas, perusahaan crypto sekarang memiliki panduan yang mereka butuhkan untuk beroperasi di Uni Eropa, dan ini dapat mendorong lebih banyak inovasi dan pertumbuhan di industri ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->