Game Changer, Noble dan Celestia Kolaborasi Bangun Kapasitas Stablecoin Asli di Cosmos!

Updated
June 3, 2023
Gambar Game Changer, Noble dan Celestia Kolaborasi Bangun Kapasitas Stablecoin Asli di Cosmos!

Stablecoin memainkan peran penting dalam efisiensi ekosistem DeFi (Decentralized Finance). Mereka memberikan likuiditas dan mengurangi risiko volatilitas. Meski Ethereum dan Solana telah menikmati lingkungan DeFi yang dinamis, hal yang sama belum terjadi pada Cosmos, yang mengklaim dirinya sebagai ‚Äúinternet of blockchains‚ÄĚ. Namun, tampaknya hal ini akan berubah berkat kolaborasi antara Noble dan Celestia. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Langkah Awal: Noble dan Celestia Berkolaborasi

noble dan celestia
Sumber: Mirror.xyz

Dilansir dari Blockworks, Noble, rantai penerbitan aset umum, dan Celestia, lapisan ketersediaan data (DA), telah memutuskan untuk berkolaborasi. Tujuannya adalah untuk membangun kapasitas stablecoin asli ke dalam ekosistem Cosmos. Analis senior Blockworks Research, Sam Martin, mengatakan bahwa kedua perusahaan ini berencana untuk memungkinkan pencetakan USDC asli, secara default, untuk setiap rantai modular yang memanfaatkan Celestia sebagai lapisan DA.

‚ÄúUntuk memiliki ekosistem DeFi yang bersemangat, stablecoin sangat penting,‚ÄĚ ujar Martin, dikutip dari Blockworks, Sabtu (3/6/2023). Stablecoin seperti USDC dan USDT memungkinkan investor untuk menghasilkan hasil pada aset digital sambil meminimalkan risiko volatilitas pasar melalui nilai token yang stabil, yang dipegang pada mata uang fiat.

Baca Juga: dYdX Bagikan Jadwal Migrasi dari Ethereum ke Cosmos, Harganya Langsung Naik?

Potensi Dampak di Ekosistem Cosmos

Menurut Martin, kekurangan stablecoin telah menjadi titik nyeri utama untuk Cosmos. ‚ÄúTapi sekarang mereka memiliki USDC, saya merasa akan ada jauh lebih sedikit fragmentasi likuiditas,‚ÄĚ kata Martin.

Ryan West, analis Blockworks Research lainnya, setuju bahwa pengembangan ini sangat penting. Dia percaya bahwa kemampuan menggunakan stablecoin USDC milik Circle secara asli melalui lapisan DA Celestia akan mempercepat pertumbuhan untuk ekosistem.

Celestia adalah rollup layer-2 yang menggunakan node ringan untuk memverifikasi bahwa data transaksi tersedia untuk umum tanpa perlu mengunduh semua data untuk blok. Hal ini dicapai melalui mekanisme yang disebut ‚Äúsampling ketersediaan data,‚ÄĚ menurut situs web perusahaan.

Baca Juga: Guna Atasi Kritis, Circle Umumkan Integrasi USDC di Cosmos Lewat Jaringan Noble!

Apakah Tether Akan Ketinggalan?

Analis Blockworks Research, Dan Smith, menegaskan bahwa USDC akan menikmati keuntungan penggerak pertama‚ÄĚsebagai stablecoin fiat asli pertama dalam ekosistem.

Dia membayangkan langkah ini mungkin akan mendorong penerbit stablecoin terkemuka, Tether (USDT), untuk meniru dan mengikuti jejak Circle, tapi kami belum melihat tindakan apa pun yang diambil.

Tidak hanya itu, menurut Smith, tiga ekosistem besar seperti Solana, Ethereum dan ekosistem appchains Cosmos, telah berada di garis depan pengembangan selama setahun terakhir.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->