Menjelang Rapat FOMC, Volatilitas Bitcoin Meningkat! Gimana Dampaknya ke Pasar Crypto?

Updated
September 19, 2023
Gambar Menjelang Rapat FOMC, Volatilitas Bitcoin Meningkat! Gimana Dampaknya ke Pasar Crypto?

Pasar crypto mengalami kenaikan volatilitas jelang rapat Federal Open Market Committee (FOMC) yang berlangsung pada September 2023. Bitcoin, cryptocurrency terbesar, mengalami lonjakan harga lebih dari $1.000 dalam perdagangan intraday, sementara investor menunggu keputusan Fed mengenai suku bunga. Bagaimana kondisi pasar crypto menjelang FOMC meeting? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitcoin: Kenaikan Menjelang Rapat FOMC

harga bitcoin menjelang fomc
Sumber: Market Pintu

Bitcoin berhasil menembus level $27.425 yang setara dengan Rp420 juta (kurs $1 = Rp15.300) pada hari Senin, 18 September 2023, dengan harapan meningkatnya suku bunga oleh Federal Reserve. Meskipun ada prospek kenaikan suku bunga, sentimen bullish mendominasi pasar.

Data dari TradingView menunjukkan bahwa Bitcoin naik dari level terendah $26.385 pada awal hari Senin, mencapai puncak harian $27.425 sebelum kembali turun mendekati $26.800.

Analis senior Kitco, Jim Wyckoff, menyatakan bahwa Bitcoin telah mengalami rebound yang baik dari titik terendah enam bulan terakhirnya.

Baca Juga: CPI AS Naik 3,7%, Harga Bitcoin Bertahan di Atas Rp400 Juta: Bagaimana Respon Pasar Crypto?

Pengaruh Keputusan Suku Bunga Fed terhadap Pasar Crypto

Keputusan yang akan diambil oleh Federal Reserve minggu ini diperkirakan akan memberikan dampak besar pada harga crypto. Konsensus saat ini adalah bahwa Fed akan mempertahankan suku bunga saat ini saat pengumuman dirilis pada hari Rabu.

Sejak tahun lalu, imbal hasil telah meningkat karena Fed berupaya mengendalikan inflasi. Hal ini memberikan tekanan pada crypto dan saham karena aset bebas risiko seperti obligasi menawarkan imbal hasil yang lebih tinggi.

Jika ada indikasi bahwa bank sentral telah mengakhiri kenaikan suku bunga dan mempertimbangkan pengurangan suku bunga tahun depan, hal ini dapat memicu kembali minat pada aset berisiko.

Baca Juga: Chainlink Terombang-ambing: Apakah LINK Akan Terjun Sebelum Keputusan FOMC?

Pandangan Analis Tentang Pergerakan Bitcoin

grafik btc 1 hari
Sumber: MN Trading

Analis Daan Foppen dari MN Trading menyatakan bahwa investor saat ini memperkirakan probabilitas 93% bahwa Federal Reserve akan mempertahankan suku bunga saat ini pada bulan September.

Foppen optimis jangka pendek dan berpikir bahwa para banteng Bitcoin dapat ‚Äúmenguji harga yang lebih tinggi‚ÄĚ. Dia menunjukkan bahwa Bitcoin saat ini ‚Äúdiperdagangkan dengan diskon‚ÄĚ.

Foppen percaya bahwa kita akan melihat kenaikan menuju level tinggi sekitar $28.100 dan bahkan mungkin mencapai level rendah sebelumnya sekitar $28.900.

Dengan rapat FOMC yang semakin dekat, pasar crypto menunjukkan pergerakan yang signifikan. Keputusan yang akan diambil oleh Fed mengenai suku bunga akan menjadi katalis penting bagi pasar crypto dalam minggu-minggu mendatang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->