Apakah NSA Pencetus Bitcoin? Sebuah Hasil Penelitian dari 1996 Jadi Permbincangan Panas!

Updated
September 23, 2023
Gambar Apakah NSA Pencetus Bitcoin? Sebuah Hasil Penelitian dari 1996 Jadi Permbincangan Panas!

Sebuah paper penelitian dari National Security Agency (NSA) Amerika Serikat tahun 1996 kembali menjadi sorotan, memicu spekulasi tentang kemungkinan NSA sebagai pencetus Bitcoin.

Meskipun teori ini telah beredar selama bertahun-tahun, bukti-bukti baru dan analisis mendalam kembali memicu perdebatan di kalangan komunitas crypto.

Dari Paper Penelitian NSA ke Bitcoin

Bitcoin, yang keberadaannya sering dikaitkan dengan Satoshi Nakamoto yang misterius, kini menjadi bahan spekulasi bahwa asal-usul sebenarnya mungkin berasal dari NSA.

Paper penelitian NSA tahun 1996 berjudul ‚ÄúHow to Make a Mint: The Cryptography of Anonymous Electronic Cash‚ÄĚ menunjukkan kesamaan mencolok dengan whitepaper Bitcoin.

Baca Juga: Satoshi Nakamoto, Pencipta Bitcoin: Bukan Sekedar Seorang Individu?

Namun, beberapa ahli berpendapat bahwa paper tersebut lebih terkait dengan model Chaumian yang terpusat.

Bukti dan Spekulasi

nsa pencipta bitcoin
Medium

Nic Carter, seorang pendukung Bitcoin, menguatkan teorinya bahwa NSA mungkin terlibat dalam penciptaan Bitcoin.

Menurutnya, Bitcoin mungkin awalnya adalah proyek penelitian internal di NSA yang kemudian dirilis secara rahasia oleh salah satu penelitinya.

Selain itu, beberapa orang menunjukkan bahwa salah satu nama dalam paper penelitian NSA, Tatsuaki Okamoto, memiliki kemiripan dengan nama Satoshi Nakamoto.

NSA dan Kemungkinan Keterlibatannya

Jeff Man, mantan analis crypto NSA, mengatakan bahwa sangat mungkin NSA menciptakan Bitcoin sebagai sarana pengumpulan intelijen.

Namun, berdasarkan pengalamannya, ia meragukan hal tersebut. Meskipun demikian, bocoran dari Edward Snowden pada tahun 2013 mengungkap bahwa NSA telah mengumpulkan data komunikasi internet domestik tanpa izin yang tepat.

Baca Juga: 3 Orang Ini Diduga Kuat Pencipta Bitcoin! Siapa Sosok Misterius Satoshi Nakamoto Sebenarnya?

Meskipun banyak bukti dan spekulasi yang beredar, masih belum ada jawaban pasti mengenai keterlibatan NSA soal pencipta Bitcoin.

Namun, perdebatan ini menunjukkan betapa penting dan berpengaruhnya Bitcoin dalam dunia teknologi dan keamanan siber.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->